Link Resmi PPDB SMP Negeri Kota Tangerang, Dimulai Juni hingga Juli 2022, Ini Jalurnya

Link Resmi PPDB SMP Negeri Kota Tangerang, Dimulai Juni hingga Juli 2022, Ini Jalurnya

Ilustrasi cara daftar maupun hasil pengumuman PPDB 2022.-disdik.jabarprov.go.id-

JAKARTA, FIN.CO.ID - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Tangerang, sudah dimulai. 

PPDB bagi siswa SMP sudah dimulai pada Senin, 27 Juni 2022 dan akan berakhir pada Rabu, 6 Juli 2022 mendatang untuk Tahap I.

(BACA JUGA:Menurut Penelitian, Kualitas Udara Kota Bekasi Masuk Dalam Status Tidak Sehat )

"Hari ini, PPDB untuk jenjang SMP sudah dimulai. Untuk hari ini, jalur yang dibuka ada dua yaitu untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dan jalur Zonasi yang akan berakhir pada tanggal 28 Juni besok," ungkap Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Jamaluddin, Senin 27 Juni 2022.  

Jamaluddin melanjutkan bahwa masing-masing jalur penerimaan PPDB di Kota Tangerang memiliki kuota yang berbeda-beda. 

Untuk jalur zonasi, tersedia sebanyak 50 persen, jalur prestasi sebanyak 30 persen, jalur afirmasi sebanyak 15 persen, dan jalur perpindahan tugas orang tua/wali sebanyak 5 persen.

"Kuota untuk SMP itu disiapkan sebanyak 10.782 siswa di 33 sekolah di Kota Tangerang. Untuk orang tua, tidak perlu khawatir jika anaknya tidak diterima pada Tahap I, karena ada Tahap II jika masih ada sisa kuota. Apabila masih belum diterima, nanti akan diarahkan untuk mendaftar ke swasta," lanjutnya. 

(BACA JUGA: PPDB Tingkat SD Dibuka Juli 2022, Ketua Pelaksana PPDB Kota Depok Jelaskan 3 Jalur Penerimaan)

Selain itu, bagi warga yang kurang mampu yang tidak diterima di sekolah negeri dan masuk ke sekolah swasta akan diberikan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) sebesar Rp105 ribu per bulan.

"Lalu, ada Tangerang Cerdas sebesar Rp100 ribu per siswa. Ada juga bantuan untuk uang pangkal bagi siswa yang kurang mampu sebesar Rp1 juta. Semuanya sudah dikoordinasikan," ujarnya.

Dinas Pendidikan juga menyiapkan help desk untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari masyarakat yang memerlukan informasi lain terkait PPDB bagi jenjang SMP ini. 

"Help Desk ini berfungsi untuk menjawab pertanyaan masyarakat terkait dengan PPDB online. Misal terkait PIN ataupun Kartu Keluarga yang baru di-update, dan sebagainya. Kami menyediakan empat nomor yang siap menjawab pertanyaan masyarakat," ujar Kepala Bidang Pendidikan SMP, Eni Nurhaeni. 

(BACA JUGA: PPDB Tingkat SD Dibuka Juli 2022, Ketua Pelaksana PPDB Kota Depok Jelaskan 3 Jalur Penerimaan)

Untuk informasi selengkapnya tentang PPDB bagi jenjang SMP Negeri di Kota Tangerang, dapat mengunjungi laman ppdbmandiri.tangerangkota.go.id atau dapat mengunduh aplikasi PPDB Online Kota Tangerang melalui App Store maupun Play Store. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: