Toyota Innova Hybrid Produksi Dalam Negeri Segera Meluncur, Untuk Pesaing Ertiga Hybrid?

Toyota Innova Hybrid Produksi Dalam Negeri Segera Meluncur, Untuk Pesaing Ertiga Hybrid?

Toyota Innova Hybrid (dok. Autofun)--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Toyota dikabarkan sedang menyiapkan Innova yang lebih ramah lingkungan, dengan dibekali dengan teknologi hybrid.

Penampakannya juga beberapa kali sudah tertangkap kamera sedang tes jalan. Bahkan, di India, mobil ini sudah didaftarkan dengan nama Innova Hycross.

(BACA JUGA:Daftar 20 Mobil Terlaris di Indonesia Bulan Mei 2022, Honda Brio Juara)

(BACA JUGA:Brio, HR-V dan BR-V Topang Penjualan Honda Bulan Mei 2022)

Selain itu, Innova dikabarkan bakal mengandalkan sistem penggerak roda depan dan sasis monokok. Menurut info yang beredar, Innova Hycross akan hadir dalam dua tipe, yakni bensin dan hybrid. Tipe diesel tidak akan tersedia.

Rumor soal Innova Hybrid ini menyeruak setelah beberapa waktu lalu Suzuki meluncurkan Ertiga Hybrid. 

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita juga sempat membeberkan bahwa Toyota berencana memproduksi Tpypta Innova hybrid di Indonesia.

"PT Toyota juga telah menyampaikan komitmennya untuk memproduksi beberapa jenis kendaraan elektrifikasi, yang akan diawali dengan produksi Kijang hybrid," ucapnya, dikutip Senin 27 Juni 2022..

(BACA JUGA:Suzuki Ertiga Hybrid: Harga Dibawah Xpander dan Veloz Tapi Punya Fitur Cruise Control)

(BACA JUGA:Hyundai Creta vs KIA Seltos: Perang Bintang Mobil Korsel, Siapa Lebih Unggul?)

"Tentunya kami akan terus mendukung dan mendorong percepatan produk elektrifikasi atau kendaraan listrik murni," ujar Gumiwang menambahkan. 

Pernyataan Gumiwang ini kian memperkuat dugaan Toyota Kijang Innova bakal pakai platform baru dan menggunakan penggerak roda depan (Front Wheel drive, FWD).

Pertama, platform IMV alias Innovative International Multi-purpose Vehicle yang dipakai Toyota Kijang Innova sejak 2004 (generasi kelima atau AN40) sampai model saat ini (AN140) enggak punya pilihan mesin hybrid.

Mobil dengan platform IMV itu cuma dibekali mesin bensin (seri TR dan GR) dan diesel (seri L, KD, dan GD) saja.

Sumber: