Kesehatan

Apakah Telur Setengah Matang Aman? Ini Fakta dan Tips Aman Konsumsi Telur Setengah Matang

fin.co.id - 19/05/2024, 02:02 WIB

Apakah Telur Setengah Matang Aman? Ini Fakta dan Tips Aman Konsumsi Telur Setengah Matang

FIN.CO.ID - Telur adalah salah satu bahan makanan yang sangat serbaguna dan populer di seluruh dunia. Dari telur rebus, telur goreng, hingga telur setengah matang, banyak cara untuk menikmati makanan kaya protein ini.

Namun, ada pertanyaan yang sering muncul di kalangan pecinta telur: apakah telur setengah matang aman untuk dikonsumsi?

Manfaat Telur Setengah Matang

Telur setengah matang memiliki tekstur yang lebih lembut dan rasa yang khas, membuatnya menjadi favorit banyak orang.

Selain itu, memasak telur setengah matang juga menjaga beberapa nutrisi yang mungkin hilang saat telur dimasak terlalu matang. Telur mengandung berbagai nutrisi penting seperti protein, vitamin D, vitamin B12, dan selenium.

BACA JUGA:

Risiko Konsumsi Telur Setengah Matang

Meskipun telur setengah matang memiliki manfaat nutrisi, ada risiko kesehatan yang perlu diperhatikan. Salah satu risiko utama adalah kontaminasi bakteri Salmonella.

Bakteri ini bisa terdapat pada cangkang telur atau di dalam telur itu sendiri. Konsumsi telur yang terkontaminasi Salmonella dapat menyebabkan gejala keracunan makanan seperti diare, demam, kram perut, dan muntah.

Tips Aman Konsumsi Telur Setengah Matang

  1. Pilih Telur Berkualitas Tinggi : Belilah telur dari sumber yang terpercaya. Pilih telur dengan cangkang yang bersih dan tidak retak.

  2. Cuci Tangan dan Alat Masak : Pastikan untuk selalu mencuci tangan dan alat masak sebelum dan setelah memegang telur mentah.

  3. Simpan Telur dengan Benar : Simpan telur di dalam kulkas pada suhu di bawah 4°C. Suhu rendah dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri.

  4. Perhatikan Waktu Memasak : Masak telur hingga bagian putihnya setengah padat, namun kuningnya masih sedikit cair. Ini biasanya memerlukan waktu sekitar 4-5 menit dalam air mendidih.

  5. Konsumsi Segera : Telur setengah matang sebaiknya langsung dikonsumsi setelah dimasak untuk mengurangi risiko kontaminasi bakteri.

BACA JUGA:

Siapa yang Harus Menghindari Telur Setengah Matang?

Orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah sebaiknya menghindari konsumsi telur setengah matang. Bagi kelompok ini, risiko terkena infeksi bakteri jauh lebih besar.

Brigita
Penulis
-->