Kesehatan

Alternatif Susu untuk Pengidap Alergi Laktosa, Tetap Lezat dan Bergizi

fin.co.id - 18/05/2024, 20:30 WIB

Alternatif Susu untuk Alergi Laktosa

FIN.CO.ID - Bagi sebagian orang, menikmati segelas susu adalah kenikmatan sederhana yang tak tergantikan. Namun, bagi yang memiliki alergi laktosa, menikmati susu bisa menjadi tantangan.

Alergi ini bisa mengganggu, tetapi jangan khawatir, ada beberapa alternatif yang lezat dan bergizi untuk memuaskan kebutuhan akan 'susu' tanpa masalah laktosa.

Mana lebih baik susu pertumbuhan atau susu UHT untuk anak Anda di masa pertumbuhan--ist

1. Susu Nabati

Susu nabati adalah pilihan utama bagi yang alergi laktosa. Terbuat dari almond, kedelai, oat, atau kelapa, susu nabati tidak mengandung laktosa dan seringkali kaya akan nutrisi seperti kalsium, vitamin D, dan protein.

2. Susu Lactose-Free

Beberapa produsen menawarkan susu yang telah diolah untuk menghilangkan laktosa. Susu ini memiliki rasa dan tekstur yang mirip dengan susu biasa namun lebih mudah dicerna bagi yang memiliki masalah dengan laktosa.

BACA JUGA:

3. Susu Fermentasi

Yogurt, kefir, atau produk susu fermentasi lainnya seringkali lebih mudah dicerna oleh yang memiliki alergi laktosa. Proses fermentasi mengurangi kadar laktosa dan dapat membantu dalam pencernaan.

4. Minuman Alternatif

Selain susu, ada berbagai minuman alternatif yang bisa dijadikan pengganti susu, seperti minuman almond, minuman kedelai, atau minuman oat. Minuman ini seringkali diperkaya dengan kalsium dan vitamin lainnya.

ilustrasi contoh susu tanpa laktosa--Google Photos

5. Perhatikan Kandungan Nutrisi

Ketika memilih pengganti susu, pastikan untuk memperhatikan kandungan nutrisinya. Pilih yang diperkaya dengan kalsium, vitamin D, dan protein untuk memastikan nutrisi tubuh tetap terpenuhi.

Brigita
Penulis
-->