Otomotif

Jangan Panik Mobil Tiba-tiba Mogok saat Mudik, Ini Tujuh Hal Penting yang Harus Dilakukan

fin.co.id - 29/03/2024, 12:00 WIB

Mobil tiba-tiba mogok di tengah jalan kadang tak bisa dihindari. Sumber foto: google

FIN.CO.ID - Mobil mogok di tengah jalan dapat terjadi kapan saja. Tak menutup kemungkinan dalam perjalanan mudik. Situasi ini tak jarang membuat pengemudi panik dan tidak tahu harus berbuat apa.

Melansir dari How Car Works, umumnya mobil yang tiba-tiba mogok di jalan raya disebabkan oleh kekosongan bahan bakar di tangki. Solusinya pun cukup mudah, mengisi ulang tangki bahan bakar.

Namun, bagaimana jika mobil mogok karena kerusakan pada komponen mesin? Dilansir dari berbagai sumber, berikut tujuh hal penting yang bisa dilakukan ketika mobil tiba-tiba mogok di tengah jalan:

1. Pindahkan Mobil ke Tempat yang Aman

Jika memungkinkan, segera pindahkan mobil ke bahu jalan atau area parkir yang aman. Jangan biarkan mobil Anda berada di tengah jalan karena dapat mengganggu arus lalu lintas dan meningkatkan risiko kecelakaan.

BACA JUGA:

2. Tandai Posisi Mobil

Pastikan untuk menandai posisi mobil Anda dengan tanda bahaya seperti segitiga pengaman atau hazard lights agar pengemudi lain dapat menghindari mobil Anda

3. Jangan Meninggalkan Mobil tanpa Pengawasan

Pastikan mobil Anda dalam kondisi yang aman dan jangan meninggalkannya tanpa pengawasan. Jangan biarkan barang berharga di dalam mobil dan pastikan pintu mobil terkunci dengan baik.

4. Periksa Lampu Indikator

Langkah selanjutnya, Anda perlu memeriksa lampu indikator mobil untuk mengetahui masalah pada komponen mobil seperti aki, air radiator, oli, rem, dan lain sebagainya. Ketika Anda memeriksa lampu indikator, Anda bisa langsung tahu masalah yang menyebabkan mobil mogok.

5. Cek Sekring Mobil

Cara lainnya yang bisa dilakukan yaitu memeriksa sekring yang berhubungan dengan mesin mobil. Bisa jadi sekring mesin mobil mengalami kendala longgar atau putus. Jika ada yang putus, kemungkinan itu menjadi penyebab mesin mobil sulit hidup.

6. Bersihkan Busi Mobil

Busi mobil yang kotor serta kabelnya yang longgar dapat menjadi penyebab lain mobil Anda mengalami mogok mendadak. Untuk mengatasinya, Anda perlu membersihkan busi mobil dan kencangkan kabelnya supaya bisa melaju.

7. Hubungi Layanan Darurat jika Diperlukan

Jika mobil Anda tidak dapat diperbaiki di tempat atau jika Anda merasa terancam, segera hubungi layanan darurat seperti layanan derek atau polisi untuk membantu Anda.

BACA JUGA:

Eko Nugros
Penulis