Pemilik Mobil Perlu Tahu, Ini Arti Kode Angka dan Huruf yang Tertera pada Ban

Pemilik Mobil Perlu Tahu, Ini Arti Kode Angka dan Huruf yang Tertera pada Ban

Kode angka dan huruf yang tertera pada ban mobil. Sumber foto: suzuki--

FIN.CO.ID – Sebagian orang mungkin menganggap tak penting kode angka dan huruf yang tertera pada ban mobil.

Padahal, kombinasi angka dan huruf itu bisa menjadi pegangan kita untuk memilih jenis ban yang sesuai dan terbaik untuk mobil.

Berikut panduan singkat membaca kode ban mobil dilansir dari beberapa sumber:

1. Tiga angka depan

Setiap ban mobil memiliki kode yang berbeda-beda, contoh kode 215/17R20 23S. Dalam kode tersebut, terdapat tiga angka pertama yaitu 215.

Tiga angka awal ini mengindikasikan ketebalan ban dalam satuan milimeter ketika dipasang pada pelek mobil. Dengan demikian, ban tersebut memiliki ketebalan 215mm.

2.Dua angka setelah garis miring

Pada kode ban 215/17R20 23S terdapat angka 17 (dua angka) yang berada setelah garis miring. Angka tersebut mengindikasikan rasio tinggi ban. Artinya, ban memiliki rasio tinggi sebesar 17% terhadap ketebalan ban itu sendiri.

Untuk menentukan pilihan tingkat rasio ban yang cocok, disarankan untuk melihat tabel kode ban mobil yang tersedia di toko ban.

3.Huruf di tengah

Tidak hanya angka, kode ban juga terdiri dari huruf yang letaknya di tengah dan paling akhir. Huruf yang berada di tengah kode, yaitu R, merupakan kode konstruksi ban. Kode R merupakan kepanjangan dari kata radial.

BACA JUGA:

4. Dua angka setelah huruf tengah

Setelah huruf di tengah, Anda akan menemukan dua angka yang menunjukkan lebar diameter pelek, diukur dalam inci.

Misalnya, dalam kode 215/17R20 23S, terdapat angka 20 setelah huruf di tengah. Ini menandakan bahwa ban memiliki diameter pelek sebesar 20 inci.

5.Dua angka terakhir

Pada kode ban, Anda juga akan melihat dua angka terakhir yang terpisah dengan angka sebelumnya. Setiap dua angka terakhir tersebut memiliki arti kode sendiri-sendiri seperti berikut:

Kode 70 mampu menopang beban 335 kg

Kode 75 mampu menopang beban 389 kg

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Eko Nugros

Tentang Penulis

Sumber: