Kesehatan

5 Fakta Menarik Tentang Kutu Air yang Jarang Diketahui

fin.co.id - 29/03/2024, 20:00 WIB

5 Fakta Menarik Tentang Kutu Air Yang Jarang Diketahui

FIN.CO.IDKutu air, atau tinea corporis dalam istilah medis, adalah infeksi jamur yang umum terjadi. Tapi tahukah Anda, ada beberapa fakta menarik tentang kutu air yang mungkin belum Anda ketahui?

Berikut 5 di antaranya:

1. Tidak Hanya di Area Basah

Kutu air sering dikaitkan dengan area lembap seperti selangkangan dan kaki. Namun, kutu air bisa menyerang bagian tubuh lain yang berkeringat, seperti bokong, ketiak, bahkan kulit kepala.

2. Jamur Bisa Bersumber dari Hewan Peliharaan

Jamur penyebab kutu air ternyata bisa berasal dari hewan peliharaan seperti kucing dan anjing. Kontak langsung dengan hewan yang terinfeksi atau berbagi barang yang terkontaminasi bulu bisa meningkatkan risiko terkena kutu air.

3. Kutu Air Bisa Muncul Akibat Stres

Stres bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh, membuat Anda lebih rentan terhadap infeksi jamur, termasuk kutu air.

BACA JUGA:

4. Tidak Selalu Gatal

Gatal memang merupakan gejala umum kutu air. Tapi ternyata, kutu air bisa juga tidak menimbulkan rasa gatal, terutama pada lansia atau penderita diabetes.

5. Obat Antijamur Bisa Dikembangkan dari Kutu Air

Beberapa jenis obat antijamur yang saat ini digunakan untuk mengobati berbagai infeksi jamur, awalnya ditemukan dari penelitian terhadap jamur penyebab kutu air.

Dengan mengetahui fakta-fakta menarik tentang kutu air ini, Anda bisa lebih waspada dan memahami cara mencegah serta mengatasi infeksi jamur yang mengganggu ini.

BACA JUGA:

Mega Oktaviana
Penulis
-->