Jari dan Telapak Tangan Terlihat Ada Ruam, Anda Mungkin Kena Kutu Air

Jari dan Telapak Tangan Terlihat Ada Ruam, Anda Mungkin Kena Kutu Air

Dokter, Image oleh Angelo Esslinger dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO ID - Anda punya keluhan kutu air pada jari dan telapak tangan.

Akibat terkena kutu air ini, Anda mengalami ruam pada jari dan telapak tangan.

Menurut dr. Riza Marlina, kutu air bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Infeksi jamur dan kontak dengan bahan iritan adalah penyebabnya.

“Keluhan terdapatnya ruam pada jari tangan dan telapak tangan kondisi ini dapat berupa suatu kondisi (seperti) kutu air,” kata dr. Riza Marlina seperti dikutip FIN dari Alodokter.

Menurut dia, kutu air ini bisa diakibatkan oleh “Infeksi jamur ,namun juga bisa berupa suatu kondisi peradangan akibat kontak dengan bahan iritan seperti detergen”.

Pada kasus kutu air yang ditandai dengan keluar nanah, dr. Riza marlina menjelaskan bahwa kondisi itu pertanda kondisi Anda yang memburuk.

“Jika disertai dengan timbulnya nanah berati sudah adanya infeksi sekunder, maka sebaiknya diatasi sesuai penyebabnya dan ditambah penanganan infeksi sekundernya berupa antibiotik,” jelas dr. Riza Marlina.

Cara Mengatasi Kutu Air

dr. Riza Marlina mengatakan bahwa ada beberap tips yang bisa diprakterkan orang, untuk mengatasi ganguan kutu air.

Selain menggunakan sarung tangan saat ingin mencuci, Anda yang punya masalah dengan kutu air disarankan untuk selalu menjaga kebersihan tangan.

“Setelah itu cuci tangan dengan bersih dan keringkan. Gunakan salep anti jamur yang bebas Anda beli di apotik gunakan 2 kali sehari.

dr. Riza Marlina menambahkan bahwa pada infeksi sekunder, maka diperluan antibiotik yang diresepkan dokter.

Penggunaan antibiotik lanjut dr. Riza Marlina, khususnya pada kasus tangan sudah bernanah, adalah yang disarankan dr. Riza.
Konsultasi langsung dengan dokter, kata dr. Riza Marlina, tidak kalah pentingnya dalam penanganan kutu air di area tangan

Sumber: