Otomotif

Toyota Umumkan Recall Land Cruiser 300 dan Lexus LX600, Ini Penyebabnya

fin.co.id - 2024-03-25 16:59:56 WIB

Toyota Umumkan Recall Land Cruiser 300

FIN.CO.ID - PT Toyota Astra Motor (TAM) mengumumkan recall, terhadap produk Toyota Land Cruiser 300 yang diproduksi periode Juli 2021 sampai Januari 2024.

Tidak hanya Toyota Land Cruiser saja, Lexus LX600 yang diproduksi pada Januari 2022 sampai Januari 2024, seluruhnya juga akan di recall oleh TAM.

Recall kedua SUV mewah ini, bertujuan untuk melakukan pemeriksaan dan reprogramming Electronic Control Unit (ECU) yang mengendalikan kinerja transmisi otomatis.

"PT Toyota-Astra Motor (TAM) memohon maaf kepada pemilik Toyota Land Cruiser 300 dan Lexus LX600 tahun produksi tertentu, atas ketidaknyamanan yang terjadi karena dihimbau untuk berkunjung ke bengkel resmi Toyota atau Lexus terdekat," ungkap Vice President Director PT TAM, Henry Tanoto dalam keterangan resminya, Senin 25 Maret 2024.

BACA JUGA :

Pihaknya menjelaskan, kemungkinan terdapat masalah pada cakram kopling di dalam transmisi otomatis 10-speed Toyota Land Cruiser 300 dan Lexus LX600.

Apabila tuas transmisi digeser ke posisi netral serta tekanan dilepas dari piston kopling, cakram kopling tidak segera terlepas dari pelat.

"Dengan semangat continuous improvement, Toyota menemukan adanya potensi masalah di dalam transmisi otomatis 10-speed kedua Premium Luxury SUV tersebut, sehingga wajib dilakukan perbaikan untuk mencegah munculnya kendala safety," jelasnya.

Langkah ini merupakan bentuk tanggung jawab Toyota, untuk dilakukan perbaikan komponen yang dikhawatirkan dapat bermasalah saat mobil di tangan konsumen.

BACA JUGA : 

"Kami meminta pelanggan agar mengecek mobilnya, apakah ada di dalam daftar recall dan berkunjung ke bengkel resmi Toyota atau Lexus, untuk reprogamming ECU transmisi tanpa ada biaya apapun," kata Henry Tanoto dalam keterangan resmi.

Menurutnya, estimasi waktu untuk reprogramming ECU transmisi otomatis hingga selesai sekitar 30 menit, tanpa melakukan penggantian parts apapun. 

"Kami berusaha untuk menjalankan proses recall mobil Toyota dan Lexus dengan cara yang paling tidak memberatkan customer," tuturnya.

Seluruh proses pemeriksaan Toyota Land Cruiser 300 dan Lexus LX600 hingga final check, tidak akan dipungut biaya sama sekali alias gratis.

Admin
Penulis