Otomotif

Ini Ternyata Bahaya Lampu Modifikasi Strobo yang Dipasang di Bus

fin.co.id - 09/03/2024, 19:57 WIB

Foto Ilustrasi Bus AKAP

FIN.CO.ID - Belakangan tren penggunaan klakson telolet dan lampu strobo, semakin banyak terpasang di bus-bus yang beroperasi di Indonesia.

Pemasangan telolet dan Strobo, menjadi hiburan bagi anak anak kecil yang sangat semangat jika mendengar bunyi yang dihasilkan klakson tersebut.

Daimler Commercial Vehicle Indonesia Bus Bodybuilder Advisor, M Thoyib mengungkapkan, lampu modifikasi strobo yang dipasang dapat mengganggu visibilitas pengguna jalan lain.

“Untuk di lampu kami lebih kritis lagi. Kalau di bus atau di karoseri mereka ada kalkulasinya, sehingga elektrikal itu benar-benar dianalisis mulai dari beban, kapasitas, agar aki tidak jadi tekor," ungkap M Thoyib saat dikutip, Sabtu 9 Maret 2024.

BACA JUGA :

Menurutnya, modifikasi lampu strobo yang terpasang banyak, dapat menyebabkan aki tekor, bahkan berakibat fatal hingga kebakaran.

"Karena, kalau sampai tekor dan salah ambil sumber listrik bisa menyebabkan unit terbakar atau kejadian lain yang tidak diinginkan,” jelasnya.

M Thoyib mengatakan, keunikan dan suara merdu Klakson Telolet sangat menyimpan bahaya bagi penumpang di dalam bus, maupun bagi pengguna jalan lainnya.

"Di klakson telolet ada material yang menggunakan tenaga angin, kalau instalasinya mengambil tenaga angin yang salah, contohnya di sistem brake (rem), maka fungsi dari rem tersebut tidak dapat bekerja, yang mengakibatkan rem jadi blong,” kata M Thoyib.

BACA JUGA :

Klakson telolet memang menyenangkan bagi sebagian orang, namun Perusahaan Otobus (PO) yang sudah paham terkait bahaya, tidak armadanya diizinkan untuk menggunakan modifikasi tersebut.

"Kami tidak bisa meminta PO untuk tidak memasang hal-hal tersebut. Tapi untuk PO yang sudah paham, mereka akan melarang pemasangan klakson telolet dan lampu-lampu tambahan," ucapnya.

Fenomena Klakson Telolet kembali ramai, hingga gerombolan bocah berburu klakson tersebut hingga dilakukan di tempat yang terlarang.

Bahkan banyak anak kecil yang dengan sengaja mendekat ke bus yang memiliki Klakson Telolet, karena pengemudi memberi klakson dan melempar sesuatu dari jendela. 

Tuahta Aldo
Penulis
-->