Kesehatan

Manfaat Minum Soda Beserta Efek Sampingnya Bagi Kesehatan Anda

fin.co.id - 04/03/2024, 02:51 WIB

Manfaat Minum Soda Beserta Efek Sampingnya Bagi Kesehatan Anda

Manfaat Minum Soda Beserta Efek Sampingnya

!-- [if gte mso 9]> !-- [if gte mso 9]>

FIN.CO.ID - Minuman soda atau air berkarbonasi telah menjadi salah satu minuman ringan yang amat diminati di Indonesia. Saat ini, berbagai merek dan jenis minuman soda tersedia di dekat lingkungan atau rumah.

Minuman soda juga sering dipilih dalam acara sosial, pesta, dan sebagai pendamping makanan. Keterkenalan minuman soda tidak terbatas pada lingkungan perkotaan, melainkan juga merambah desa.

Karakteristik utama minuman soda adalah kandungan CO2 yang memberikan rasa berkarbonasi, memberikan sensasi segar dan gelembung di mulut. Namun, penting untuk mengetahui manfaat dan efek samping minuman soda bagi tubuh.

Manfaat Minum Soda

Terdapat beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari mengonsumsi soda, terutama yang berkarbonasi. Berdasarkan informasi dari situs kesehatan Healthline dan WebMD, berikut adalah penjelasan tentang manfaat minum soda:

1. Membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi

Air berkarbonasi dianggap sebagai alternatif sehat untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, tanpa memberikan efek negatif pada keasaman tubuh. Terjaganya hidrasi tubuh penting untuk mencegah dehidrasi dan masalah kesehatan lainnya.

2. Minuman rendah kalori

Soda berkarbonasi tanpa tambahan gula atau pemanis buatan bisa menjadi pilihan rendah kalori yang menyegarkan. Ini cocok bagi yang ingin mengurangi asupan gula dan kalori.

BACA JUGA:

3. Meningkatkan kemampuan menelan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa air berkarbonasi dapat meningkatkan kemampuan menelan, terutama pada orang dewasa dan lansia. Ini dapat bermanfaat bagi yang mengalami kesulitan menelan.

4. Membantu manajemen berat badan

Soda berkarbonasi dapat membuat perasaan kenyang bertahan lebih lama setelah makan, membantu dalam manajemen berat badan dengan mengurangi asupan kalori secara keseluruhan.

5. Mendukung pencernaan

Mega Oktaviana
Penulis
-->