Kesehatan

8 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Merusak Kesehatan Ginjal, Jangan Biasakan!

fin.co.id - 13/02/2024, 09:05 WIB

8 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Merusak Kesehatan Ginjal, Jangan Biasakan!

8 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Merusak Kesehatan Ginjal, Jangan Biasakan!

FIN.CO.ID - Berikut ini adalah kebiasaan buruk yang bisa merusak kesehatan ginjal dan memberikan efek buruk untuk kesehatan.

Ginjal adalah organ vital yang memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan cairan, menyaring limbah, dan menjaga tekanan darah.

Kebiasaan buruk yang kita lakukan sehari-hari dapat berdampak signifikan pada kesehatan ginjal dan memberikan efek buruk.

Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa kebiasaan yang mungkin tidak disadari banyak orang, namun dapat memiliki dampak merugikan pada fungsi ginjal.

BACA JUGA:

1. Kurang Minum Air

Kekurangan asupan cairan dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal dan meningkatkan risiko infeksi saluran kemih. Pastikan untuk minum cukup air setiap hari untuk mendukung fungsi ginjal yang optimal.

2. Konsumsi Garam Berlebihan

Diet tinggi garam dapat meningkatkan tekanan darah dan memicu masalah ginjal. Kurangi konsumsi garam dengan memasak sendiri dan menghindari makanan olahan yang kaya natrium.

Rekomendasi Minuman untuk Ginjal yang Sehat--

3. Kurang Aktivitas Fisik

Gaya hidup yang kurang aktif dapat berkontribusi pada masalah kelebihan berat badan dan tekanan darah tinggi, yang keduanya dapat merugikan kesehatan ginjal.

Rutinlah berolahraga untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

4. Pemakaian Obat Antiinflamasi Nonsteroid (NSAID) Berlebihan

Penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) dalam jangka panjang dapat merusak ginjal. Konsultasikan dengan profesional kesehatan sebelum menggunakan obat-obatan ini secara teratur.

Brigita
Penulis
-->