Kesehatan

Mengapa Kita Mempunyai Kotoran Telinga? Simak Penjelasannya di Sini

fin.co.id - 11/02/2024, 11:15 WIB

kotoran telinga. foto frrepik

FIN.CO.ID - Kotoran telinga atau juga serumen sering kali dianggap menjijikkan dan tidak diperlukan. Namun kotoran telinga berperan penting dalam menjaga kesehatan telinga kita.

Pada artikel kali ini kita akan membahas beberapa fungsi kotoran telinga atau serumen yang sering diabaikan. Salah satu fungsi utama kotoran telinga adalah melindungi kulit saluran telinga.

Kotoran telinga membantu melembabkan kulit, mencegahnya menjadi kering dan gatal. Hal ini penting karena kulit kering dapat pecah-pecah dan menjadi pintu masuk infeksi.

BACA JUGA:

Selain itu, kotoran telinga juga mengandung bahan kimia khusus yang membantu melawan infeksi. Bahan-bahan ini membantu mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur di saluran telinga yang dapat menyebabkan infeksi yang menyakitkan.

Selain itu, kotoran telinga juga mempunyai fungsi pelindung fisik. Ini memerangkap debu dan partikel asing, mencegahnya menembus lebih dalam ke telinga.

Hal ini penting untuk melindungi struktur sensitif di telinga, seperti gendang telinga. Meski memiliki banyak fungsi penting, kotoran telinga kerap dianggap sebagai “musuh” yang perlu dibersihkan secara berlebihan.

BACA JUGA:

Namun, pembersihan telinga  yang tidak tepat, seperti menggunakan kapas, dapat mendorong kotoran telinga lebih dalam dan menyebabkan penumpukan  berlebihan.

Penumpukan kotoran telinga yang berlebihan dapat menyebabkan berbagai masalah, seperti nyeri, tuli sementara, telinga terasa penuh, tinitus, dan infeksi.

Oleh karena itu, pembersihan telinga yang aman sangatlah penting. Biasanya cukup dengan menyeka bagian luar telinga dengan kain lembab untuk menjaga kebersihan.

Ini adalah cara yang aman dan efektif untuk menghilangkan kotoran telinga yang naik ke permukaan tanpa merusak saluran telinga atau gendang telinga.

BACA JUGA:

Penting untuk diingat, kotoran telinga diproduksi secara alami oleh tubuh kita dan memiliki fungsi yang bermanfaat. Kita harus menghormati peran kita dan tidak berlebihan dalam membersihkan telinga.

Dengan memahami fungsi kotoran telinga dan cara membersihkan telinga yang benar, kita dapat menjaga kesehatan telinga dan menghindari masalah yang tidak perlu.

Noerma Puspita
Penulis
-->