Kesehatan

15 Manfaat Susu Kedelai bagi Kesehatan, Mulai Kontrol Gula Darah hingga Lancarkan Pencernaan

fin.co.id - 06/02/2024, 19:16 WIB

Mengkosumsi susu kedelai banyak manfaatnya.

FIN.CO.ID  - Susu kedelai atau soya milk adalah jenis susu nabati yang berasal dari olahan atau ekstraksi sari kacang kedelai. Kandungan susu kedelai bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan gizi.

Dikutip dari laman Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), susu kedelai mengandung protein dari susunan asam amino yang hampir sama dengan susu sapi. So, susu kedelai bisa digunakan sebagai pengganti susu sapi bagi mereka yang punya alergi protein hewani atau tidak suka susu sapi.

Berdasarkan data komposisi pangan Indonesia, dengan Berat Dapat Dimakan (BDD) 100%, komposisi kandungan gizi susu kedelai per 100 g terdiri dari Kalsium (Ca): 50 mg, Fosfor (P): 45 mg, Besi (Fe) : 0.7 mg, Natrium (Na): 128 mg, Kalium (K): 287.9 mg, Tembaga (Cu) : 0.12 mg, Seng (Zn): 1.0 mg, dan Karoten Total (Re): 200 mcg.

Kemudian Thiamin (Vitamin B1): 0.08 mg Riboflavin (Vitamin B2): 0.05 mg, Vitamin C: 2 mg, Niasin: 0.7 mg, Air: 87.0 g, Energi: 41 Kal, Protein: 3.5 g, Lemak: 2.5 g, Karbohidrat: 5.0 g, Serat: 0.2 g, dan Abu (ASH): 2.0 g.

BACA JUGA:

Selain rasanya yang enak, segudang manfaat susu kedelai tak boleh Anda lewatkan. Simak penjelasannya di bawah ini:

1. Membantu Proses Pertumbuhan

Mendukung proses tumbuh kembang pada anak-anak. Hal ini karena kandungan susu kedelai, atau sering disebut juga susu soya kaya akan protein. Protein memegang peranan penting untuk memberikan nutrisi pada tubuh.

Selain itu, kedelai adalah salah satu sumber protein nabati terbaik yang mudah dicerna oleh tubuh.

2. Menurunkan Kolesterol

Manfaat susu soya berikutnya adalah membantu mencegah timbulnya penyakit kronis melalui peran kandungan protein terbuat dari asam amino. Asam amino dan isoflavon yang terkandung dalam susu kedelai memiliki fungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Dengan mengonsumsi makanan yang rendah kolesterol, tubuh akan terhindar dari berbagai penyakit kardiovaskuler seperti penyakit jantung, stroke, dan sebagainya.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Hasil penelitian dalam American Journal of Hypertension (2014) menunjukkan bahwa susu kedelai mampu menurunkan tekanan darah lebih baik dibandingkan dengan susu sapi pada pasien dengan hipertensi ringan sampai sedang.

Oleh karena itu, penderita hipertensi sangat dianjurkan untuk mengatur pola makan dengan mengonsumsi makanan yang baik untuk menjaga tekanan darah seperti susu kedelai.

Eko Nugros
Penulis
-->