Kesehatan

Ini Manfaat Ajaib Vitamin B12, Jangan Sampai Kekurangan Ya

fin.co.id - 02/02/2024, 22:11 WIB

Manfaat Vitamin B12

FIN.CO.ID - Vitamin B12, atau disebut juga kobalamin, merupakan salah satu vitamin B yang penting untuk fungsi normal tubuh. Kegunaan atau manfaatnya bagi kesehatan juga sangat penting. 

Beberapa Manfaat Vitamin B12:

·          Produksi Sel Darah Merah:

Vitamin B12 sangat penting untuk pembentukan sel darah merah. Tanpa vitamin B12, sel darah merah tidak dapat berkembang secara normal, yang dapat mengakibatkan anemia megaloblastik, suatu kondisi di mana sel darah merah menjadi besar dan tidak berfungsi dengan baik.

·          Fungsi Sistem Saraf:

Vitamin B12 berperan dalam sintesis mielin, lapisan pelindung yang melapisi saraf. Ini penting untuk fungsi normal sistem saraf, termasuk transmisi impuls saraf dan menjaga kesehatan otak.

·          Metabolisme Asam Folat:

Vitamin B12 bekerja bersama dengan asam folat dalam metabolisme asam nukleat dan sintesis DNA. Oleh karena itu, vitamin B12 berperan penting dalam pertumbuhan dan pembelahan sel.

BACA JUGA:

·          Pengelolaan Energi:

Vitamin B12 membantu dalam konversi karbohidrat menjadi glukosa, yang digunakan sebagai sumber energi oleh tubuh. Oleh karena itu, vitamin B12 berperan dalam menjaga tingkat energi yang cukup.

·          Fungsi Neurologis:

Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan gangguan neurologis, seperti kelemahan otot, kesulitan berjalan, dan kesulitan keseimbangan. Vitamin B12 berperan dalam menjaga kesehatan sistem saraf dan melindungi saraf dari kerusakan.

·          Pembentukan DNA dan RNA:

Vitamin B12 merupakan kofaktor yang penting dalam sintesis DNA dan RNA, molekul-molekul yang membawa informasi genetik. Hal ini sangat penting untuk pertumbuhan, perkembangan, dan pemeliharaan sel.

BACA JUGA:

Mega Oktaviana
Penulis
-->