Kesehatan

Jangan Asal Makan saat Liburan, Berikut Ini Daftar Makanan Pemicu Kolesterol Tinggi

fin.co.id - 27/12/2023, 22:09 WIB

Jangan Asal Makan saat Liburan, Berikut Ini Daftar Makanan Pemicu Kolesterol Tinggi

fin.co.id - Kolesterol tinggi adalah masalah umum yang sering terkait dengan pola makan. Sejumlah makanan menjadi pemicu utama yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Untuk itu, usahakan untuk menghindari makanan berikut ini karena dapat memicu kolesterol menjadi tinggi dan tidak baik untuk kesehatan:

1. Lemak Jenuh Tinggi

Makanan kaya akan lemak jenuh seperti daging berlemak, mentega, dan minyak kelapa dapat meningkatkan kolesterol LDL ("jahat").

Mengurangi konsumsi lemak jenuh dapat membantu mengendalikan kadar kolesterol.

BACA JUGA:

2. Makanan Olahan dan Trans Lemak

Makanan olahan seperti makanan cepat saji, kue-kue, dan camilan siap saji mengandung trans lemak yang meningkatkan kolesterol. Perlu untuk membatasi asupan makanan ini.

3. Telur dan Produk Susu Tinggi Lemak

Telur kuning dan produk susu tinggi lemak seperti keju dan krim dapat menyumbang pada kolesterol darah. Mengganti dengan versi rendah lemak bisa menjadi pilihan lebih sehat.

Penyebab kolesterol tinggi--Foto : pinterest.com

4. Makanan Kaya Kolesterol

Makanan seperti hati, kuning telur, dan produk hewani tertentu kaya kolesterol. Penggunaannya sebaiknya dikontrol dalam pola makan sehari-hari.

5. Karbohidrat Sederhana Tinggi

Makanan tinggi karbohidrat sederhana seperti roti putih, nasi putih, dan kue kering dapat meningkatkan kadar trigliserida, yang berkaitan dengan kolesterol.

Brigita
Penulis
-->