Kesehatan

Makanan Pemicu Asam Urat, Nomor 4 Wajib Diskip

fin.co.id - 26/12/2023, 22:37 WIB

Makanan Pemicu Asam Urat, Nomor 4 Wajib Diskip

Makanan Pemicu Asam Urat, Nomor 4 Wajib Diskip!

fin.co.id - Berikut ini adalah beberapa makanan yang harus dihindari oleh para penderita asam urat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Bagi penderita asam urat, mengatur pola makan menjadi kunci untuk mengelola kondisi ini. Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari karena dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh.

1. Daging Merah dan Organnya

Daging merah, terutama jeroan seperti hati, limpa, dan ginjal, mengandung kadar purin yang tinggi. Konsumsi berlebihan dapat meningkatkan produksi asam urat dalam tubuh.

2. Makanan Laut dan Seafood

Makanan laut seperti kerang, udang, sarden, dan ikan teri juga mengandung tingkat purin yang tinggi. Mengurangi konsumsi makanan laut dapat membantu mengontrol kadar asam urat.

BACA JUGA:

3. Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol, terutama bir dan anggur, dapat memicu peningkatan asam urat. Hindari minuman ini atau konsumsi dalam batas yang sangat terbatas.

4. Makanan Manis yang Mengandung Fruktosa Tinggi

Fruktosa, terutama yang ditemukan dalam minuman soda atau makanan manis yang dikemas, dapat meningkatkan produksi asam urat. Menghindari makanan dengan tambahan fruktosa bisa membantu.

Agar Asam Urat Tidak Kambuh setalah Makan Kacang, Image: Gianyasa / Pixabay--

5. Makanan Olahan Tinggi Gula dan Lemak Jenuh

Makanan olahan seperti makanan cepat saji yang tinggi gula dan lemak jenuh bisa meningkatkan risiko asam urat. Menjaga pola makan sehat dengan menghindari makanan olahan ini sangat penting.

6. Sayuran Bersumbu Tinggi

Brigita
Penulis
-->