Obat Asam Urat Herbal, Bisa Coba Sendiri di Rumah

Obat Asam Urat Herbal, Bisa Coba Sendiri di Rumah

Cara mengatasi asam urat yang menyiksa--freepik.com

Obat Asam Urat - Artikel ini mengulas beberapa obat asam urat herbal untuk mencegah penyakit kambuh. 

Asam urat merupakan jenis peradangan sendi yang umum terjadi di masyarakat.  Kondisi ini menyebabkan rasa sakit yang membuat terhambatnya aktivitas sehari-hari.

Gejala yang paling sering ditemukan meliputi nyeri, bengkak, dan kemerahan di sekitar sendi. Adapun beberapa bagian tubuh yang kerap terdampak adalah jempol, siku, lutut, pergelangan tangan, hingga pergelangan kaki.

Obat asam urat berguna ketika penyakit datang dan pergi secara berulang. Ada kalanya gejala kian memburuk, yang dikenal sebagai flare. 

Dokter biasanya menyarankan penyitas untuk menjaga pola makan. Selain itu, ada juga obat asam urat herbal yang berguna untuk meminimalkan datangnya penyakit. 

BACA JUGA

Penyebab Asam Urat

Dalam banyak kasus, penyebab pasti asam urat tidak diketahui. Namun, umumnya asam urat terjadi karena faktor keturunan, hormonal, atau makanan. Bisa juga karena terapi obat atau kondisi medis tertentu.

Menurut penelitian, pria lebih mungkin memiliki gejala asam urat dibandingkan wanita. Kebanyakan pria didiagnosis  antara 30 dan 50 tahun. Pada wanita, penyakit ini paling banyak terjadi setelah menopause. 

Tak hanya faktor keturunan, konsumsi alkohol pun menjadi salah satu penyebab asam urat. Terlebih jika mereka minum lebih dari dua gelas alkohol per hari untuk pria, atau satu minuman per hari untuk semua wanita atau pria di atas 65 tahun.

Selain itu, makanan kaya purin juga menimbulkan gejala asam urat, sepeeti daging merah, makanan laut, dan sayuran. Semua makanan ini berkontribusi terhadap asam urat saat dicerna.

Hindari juga konsumsi gula berlebih dengan langkah-langkah sederhana berikut ini. 

  • Batasi makanan olahan dan kemasan.
  • Periksa label makanan untuk tambahan gula.
  • Puaskan keinginan mengidam gula dengan buah segar.
  • Ganti minuman manis dengan air putih, minuman tanpa pemanis, atau kopi tanpa gula.

BACA JUGA

Ramuan Herbal Untuk Mengurangi Asam Urat

Cuka sari apel, jus lemon, dan kunyit sering direkomendasikan untuk asam urat. Ketiga bahan ini bisa menjadi alternatif di samping obat resep. 

Campur jus dari satu setengah lemon yang diperas ke dalam air hangat. Campurkan dengan 2 sendok teh kunyit dan 1 sendok teh cuka sari apel. Sesuaikan dengan selera. Minum dua sampai tiga kali per hari.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Anisa Suci

Tentang Penulis

Sumber: