Kesehatan

Apa Penyebab Mata Silinder? Simak Ulasan Berikut

fin.co.id - 05/07/2023, 13:40 WIB

Apa Penyebab Mata Silinder? Simak Ulasan Berikut

Ilustrasi mata silinder

Apa Penyebab Mata Silinder? Simak Ulasan Berikut

MATA silinder, juga dikenal sebagai astigmatisma, adalah kondisi mata di mana kornea (permukaan depan mata) atau lensa mata memiliki kelengkungan yang tidak merata. 

Ini mengakibatkan fokus cahaya yang masuk ke mata pada dua titik fokus yang berbeda, yang menyebabkan gambar yang dilihat menjadi buram atau kabur.

Penyebab utama mata silinder adalah ketidaknormalan dalam bentuk kornea atau lensa mata. 

BACA JUGA

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan atau meningkatkan risiko terjadinya mata silinder meliputi:

1. Faktor Genetik

Astigmatisma cenderung memiliki komponen genetik. Jika ada riwayat keluarga dengan astigmatisma, maka kemungkinan seseorang memiliki risiko lebih tinggi untuk mengembangkan kondisi ini.

2. Bentuk Kornea Tidak Normal

Kornea yang tidak memiliki bentuk yang ideal, seperti terlalu curam atau terlalu datar, dapat menyebabkan mata silinder. Kondisi ini bisa bawaan sejak lahir atau berkembang seiring pertumbuhan.

3. Bentuk Lensa Mata Tidak Normal

Selain kornea, ketidaknormalan pada lensa mata juga dapat menyebabkan astigmatisma. Ini bisa disebabkan oleh kelainan bawaan, cedera mata, atau perkembangan yang tidak normal.

BACA JUGA:

4. Cedera Mata

Cedera pada mata, misalnya benturan atau operasi mata yang tidak berhasil, dapat menyebabkan perubahan bentuk kornea atau lensa mata, yang dapat menghasilkan astigmatisma.

Admin
Penulis
-->