Kesehatan

Ternyata Ini Penyebab Tangan Kesemutan Saat Naik Motor dan Cara Mengatasinya

fin.co.id - 30/05/2023, 10:45 WIB

Ilustrasi tangan kesemutan saat mengendarai motor.

Tangan Kesemutan - Ternyata ini penyebab tangan suka kesemutan saat naik motor dan berikut cara mengatasinya. Simak hingga akhir artikel.

Dilansir dari yankes.kemkes.go.id, paraestesia atau kesemutan adalah perasaan aneh yang digambarkan seperti tertusuk benda tajam atau jarum atau mati rasa pada bagian tubuh tertentu.

Parestesia bisa terjadi di bagian tubuh mana pun, tetapi paling sering terjadi di tangan, kaki, dan kepala.

Parestesia dapat bersifat sementara atau terjadi secara berkepanjangan.

BACA JUGA:

Parestesia  yang sementara terjadi akibat tekanan pada saraf tertentu, misalnya saat tidur dengan menindih lengan atau duduk bersila.

Kesemutan yang bersifat sementara ini akan hilang ketika sudah tidak ada tekanan pada saraf. Terkadang, kesemutan atau parestesia juga bisa muncul setelah berolahraga.

Sedangkan parestesia  yang terjadi berkepanjangan bisa menjadi gejala suatu penyakit, misalnya diabetes.

Pemeriksaan ke dokter perlu dilakukan jika parestesia terjadi secara berulang dan terus-menerus tanpa sebab yang jelas.

BACA JUGA:

Terkait gejala parestesia (kesemutan), dapat terjadi di bagian tubuh mana pun, tetapi sering kali dirasakan di tangan, kaki, serta kepala.

Ketika mengalami parestesia, area yang terdampak akan merasakan mati rasa, lemah, seperti tertusuk jarum, serta seperti terbakar atau dingin.

Keluhan tersebut dapat terjadi sementara maupun berkepanjangan. Bila berkepanjangan, bagian tubuh yang kesemutan bisa menjadi kaku, atau bila terjadi di kaki, dapat mengakibatkan penderitanya sulit berjalan.

Ilustrasi tangan kesemutan saat mengendarai motor.-kassandmoses.com-

Terkadang kesemutan juga terjadi pada tangan ketika mengendarai atau naik motor saat bepergian dari satu tempat ke tempat lain.

Admin
Penulis
-->