Sepakbola

Dua Pemain Kelahiran Belanda Rafael Struick dan Ivar Jenner Resmi Jadi WNI

fin.co.id - 22/05/2023, 18:06 WIB

Ivar Jenner (kiri) dan Rafael Struick

Dua Pemain Kelahiran Belanda Rafael Struick dan Ivar Jenner Resmi Jadi WNI - Dua pemain kelahiran Belanda, Rafael Struick dan Ivar Jenner resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) usai menjalani proses naturalisasi.

Keduanya menjalani upacara pengambilan sumpah kewarganegaraan di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta, Senin, 22 Mei 2023.

BACA JUGA: Eksklusif! Pegulat Naturalisasi Mualaf Roxana Andreea Bongkar Persiapan Kualifikasi AWBG 2023

Rencananya, mereka dinaturalisasi agar dapat membela timnas Indonesia U-20 pada Piala Dunia U-20 2023.

Namun meski kejuaraan akbar tersebut batal diselenggarakan di Indonesia dan Indonesia tercoret dari kompetisi itu, Struick dan Jenner tetap menjalani proses naturalisasi sesuai komitmen mereka.

Resminya Struick dan Jenner menjadi WNI, disambut hangat Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

"Alhamdulillah Struick dan Jenner sudah menjalani proses pengambilan sumpah kewarganegaraan di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta hari ini," kata Erick seperti dikutip dari laman resmi PSSI.

Selesainya proses untuk menjadi WNI sangat disyukuri oleh Struick dan Jenner yang sama-sama bermain di Liga Belanda. Struick saat ini membela ADO Den Haag, sedangkan Jenner bermain untuk FC Utrecht II.

BACA JUGA: PSSI Harus Buat Roadmap Pembinaan Talenta Sepak Bola Indonesia, Bukan Naturalisasi Pemain Asing

"Saya tidak bisa mendeskripsikan perasaan saya saat ini, tetapi saya sangat senang. Terima kasih banyak. Saya berjanji akan memberikan segalanya untuk negara ini, untuk negara kita. Saya sudah tidak sabar untuk bergabung dengan tim dalam pemusatan latihan," tutur Jenner.

"Ini adalah hari yang istimewa buat saya, buat keluarga saya. Sama seperti Ivar, saya juga sudah tidak sabar untuk melakukan pemusatan latihan bersama timnas Indonesia," kata Struick.

Dengan resminya Struick dan Jenner menjadi WNI, Erick pun menilai persaingan untuk memperebutkan posisi di tim nasional akan semakin menarik dan kompetitif. Sehingga ke depannya, diharapkan dapat terbentuk skuat timnas Indonesia yang berkualitas baik.

"Para pemain lain tentu akan semakin termotivasi untuk bersaing secara sehat, meningkatkan kemampuan agar dipilih menjadi bagian dari skuat Garuda," ujarnya.

Setelah Struick dan Jenner resmi menjadi WNI, kini tinggal satu proses lagi yang harus dijalani sebelum keduanya dapat dipanggil memperkuat timnas Indonesia. Proses itu adalah perpindahan federasi dari Federasi Sepak bola Kerajaan Belanda (KNVB) ke PSSI.

Erick pun berharap proses itu dapat dilaksanakan sesegera mungkin, agar kedua pemain tersebut dapat memperkuat tim Merah-Putih pada sejumlah kompetisi mendatang.

Admin
Penulis
-->