Kesehatan

Daftar Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Penderita Maag

fin.co.id - 14/02/2023, 18:58 WIB

Daftar Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Penderita Maag

Maag, Image oleh Ryan McGuire dari Pixabay

Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Penderita MaagBagi Anda penderita maag, ada sejumlah makanan yang harus dihindari agar maag tidak kumat. 

Penderita maag harus menjaga pola makan dan harus menghindari makanan yang terlalu merangsang asam lambung. 

Dokter spesialis penyakit dalam konsultan gastroentero-hepatologi dr. Aru Ariadno mengingatkan kepada penderita maag. Mereka harus menghindari makanan-makanan yang terlalu merangsang asam lambung untuk naik untuk mencegah kekambuhan.

BACA JUGA:Pasien Kanker Payudara Punya Harapan Hidup Besar, Ini Syaratnya

"Asam, cokelat, keju, terlalu berlemak, terlalu berminyak, terlambat makan. Itu sudah harus dihindari. Beberapa kasus pada kopi juga harus dihindari," kata Aru dikutip dari Antara, Selasa 14 Februari 2023. 

Aru juga mengatakan, bahwa makanan yang terlalu pedas dan terlalu asam harus dihindari oleh para penderita maag. 

Termasuk minuman beralkohol, kemudian rokok, juga harus dihindari. 

Semua itu, kata Aru, harus dibarengi dengan gaya hidup yang sehat terutama menjaga pola makan teratur dan tidak boleh terlambat makan.

BACA JUGA:Berikut Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

Istirahat cukup, hindari stres, olahraga rutin, serta rutin minum obat sesuai anjuran dokter juga harus dilakukan pada pasien. 

Dengan begitu, diharapkan kondisi maag dapat sembuh dan terhindar dari maag berat.

"Kadang-kadang memang butuh waktu, ya (untuk pulih). Orang itu kadang-kadang suka gini. Begitu minum obat, satu-dua hari enak, kemudian dia tidak minum obat. Nah, pada penderita gangguan saluran cerna seperti maag atau GERD, nggak bisa," kata Aru.

"Jadi dia ada waktunya, berapa lama dia harus minum obat. Kemudian dia dievaluasi, kapan obat itu diturunkan sampai betul-betul dinyatakan sembuh," imbuh dia.

BACA JUGA:Manfaat Air Kelapa Bisa Hilangkan Ruam Campak? Ternyata Cuma Mitos, Ini Penjelasan Dokter

Maag merupakan kondisi peradangan atau iritasi pada lambung yang disebabkan oleh peningkatan kadar asam lambung yang berlebih. 

Admin
Penulis
-->