Infrastruktur

Jokowi Segera Meresmikan Dua Ruas Tol Baru di Jabodetabek

fin.co.id - 12/09/2022, 23:01 WIB

Jalan Tol Cibitung-Cilincing

JAKARTA, FIN.CO.ID -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan segera meresmikan pengoperasian dua ruas tol baru di Jabodetabek dalam waktu dekat. 

Hal itu disampaikan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT Danang Parikesit, disela-sela agenda Groundbreaking proyek jalan tol GIlimanuk - Mengwi di Bali, akhir pekan lalu. 

(BACA JUGA: Ruas Tol Gilimanuk - Mengwi 96.8 Km Mulai Dibangun, Sistem MLFF Akan Diterapkan)

(BACA JUGA:Bali Sudah Siap Menjadi Tuan Rumah KTT G20)

Danang mengungkapkan,  Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono telah mengirimkan surat kepada Presiden untuk meresmikan kedua ruas tol, yakni ruas tol Balaraja - Serpong dan ruas tol Cibitung - Cilincing. 

“Sekarang kami sedang menunggu jadwal Pak Presiden. Mudah-mudahan dalam 1 sampai 2 bulan ini,” kata Danang. 

Selain kedua ruas tol di Jabodetabek itu, dua ruas tol di Sumatera juga sudah siap diresmikan. Keduanya adalah ruas tol Bengkulu-Taba Penanjung dan ruas tol Pekanbaru-Bangkinang. 

Saat ini kedua ruas tersebut masih menunggu hasil sertifikat laik operasi (SLO). Setelah sertifikat SLO terbit, Danang menyebut pihaknya akan meminta Presiden Jokowi meresmikannya.

(BACA JUGA: Terminal VVIP Baru Bandara Ngurah Rai Bali Bergaya Kolonial Siap Menyambut Tamu KTT G20)

(BACA JUGA:Rampung Direvitalisasi, Embung Sanur Bakal Jadi Ikon Wisata Baru di Denpasar)

Danang juga menargetkan ruas tol Cinere-Jagorawi akan selesai di akhir tahun 2022. Saat ini, ruas yang baru beroperasi baru Serpong-Pamulang. Sementara ruas Cinere-Krukut-Jagorawi masih dalam proses pengerjaan. 

“Memang ada satu persil tanah yang masih berusaha kami bebaskan. Terakhir sudah kita konsinyasi di Pengadilan supaya segera bisa kita eksekusi,” kata Danang.

Sebelumnya, Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja mengatakan, setidaknya ada enam ruas jalan tol baru yang sudah siap untuk diresmikan dalam waktu dekat. 

Jika jadi diresmikan dan dioperasikan, maka panjang jalan tol se-Indonesia akan bertambah 87 kilometer. 

Admin
Penulis