Entertainment

Anggun C Sasmi 'Nyinden' di Jalanan Kota Paris: Sebagai Wanita Jawa Saya Terharu...

fin.co.id - 10/06/2022, 19:51 WIB

Anggun C.Sasmi nyinden dalam gelaran Java in Paris, di Paris, Prancis

JAKARTA, FIN.CO.ID - Anggun C.Sasmi untuk pertama kali nyinden dalam gelaran Java in Paris, di Paris, Prancis pada Rabu (8/6/2022) waktu setempat.

Selain  itu, Anggun C Sasmi juga melantunkan dua lagi hitsnya . Yaitu Mimpi dan Sahara dengan gaya sinden. 

(BACA JUGA: Mabuk Minuman Alkohol Tabrak Anggota, Polisi Berpangkat Bripka Terseret 5 Meter )

Aksi itu digelar di jalanan Rue de Rivoli yang ditutup selama 45 menit untuk menampilkan pertunjukan kebudayaan tradisional asal Tanah Air.

Orkestra Gamelan dan 28 penari asal kota Solo, Jawa Tengah, turut hadir mengiringi Anggun nyinden di hadapan ribuan masyarakat kota Paris pada malam 8 Juni waktu setempat.

“Ini jadi kesempatan yang pertama buatku nyinden. Apalagi diiringi sama musik gamelan dan penari-penari tradisional. Penasaran juga sama ekspresi warga Paris ini kan. Ternyata mereka terpukau oleh pertunjukannya,” jelas Anggun dalam sebuah video seperti dikutip FIN pada Jumat (10/6/2022).

Meski begitu, Anggun merasa sangat bangga dan terhormat bisa memperkenalkan budaya Jawa di Paris. 

(BACA JUGA: KPK Batal Tahan Tersangka Korupsi Pembangunan Gereja Kingmi Mile 32 Papua)

Walau kini tinggal di Paris, Anggun menyebut dirinya tetap sebagai wanita Jawa. 

"Sebagai wanita Jawa, saya terharu dan bangga diberi kepercayaan untuk menyinden dgn bahasa Jawa halus (Kromo Inggil) di Paris! Sebuah tantangan bagi saya yang tidak pernah sama sekali menyinden. Susaaah banget dan hasilnya belum sempurna. Tapi bangga sekali bisa mengenalkan budaya Jawa ke masyarakat Prancis," tulis  Anggun di akun Twitter @Anggun_Cipta. 

Dia memuji totalitas tim yang bekerja keras dan sukses membuat pertunjukan di jalanan pusat kota Paris.

"Untuk dek @gibran_rakabuming yang ber-ide luar biasa besar, ambisius dan sepenting ini. Sukses UMKM! Solo arum ngumandang jroning bawana," tulisnya.

(BACA JUGA: Kasus Mayat Wanita Setengah Telanjang di Apartemen, Polisi Amankan Transpuan)

Gelaran kebudayaan Indonesia terakhir kali diselenggarakan pada saat peresmian Menara Eiffel yang bertajuk Pameran Semesta, pada 133 tahun silam.

Berbagai macam pertunjukan budaya Jawa seperti musik dan tari akan disuguhkan bagi warga dan turis yang berada di di Rue de Rivoli, Paris. 

Admin
Penulis
-->