spot_img
29, September, 2021

SPDP Korupsi Bandung Barat Ada Nama Bupati

JAKARTA – Surat Perintah Dimulainya Penyidikan (SPDP) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait pengadaan barang tanggap darurat bencana pandemi COVID-19 Bandung Barat muncul. Dalam SPDP ada nama Bupati Bandung Barat, AA Umbara Sutisna.

SPDP tersebut dengan nomor Sprin.Dik/18/Dik.00/01/02/2021 menandai dimulainya penyidikan KPK pada 26 Februari 2021. Dalam surat yang ditandatangai Direktur Penyidikan Setyo Budiyanto menyebutkan bahwa pada 26 Februari 2021 telah dilakukan penyidikan dugaan korupsi yang dilakukan oleh tersangka Andri Wibawa bersama-sama AA Umbara Sutisna selaku Bupati Bandung Barat periode 2018-2023 dan M Totoh Gunawan.

BACA JUGA: Kasus Pengadaan Barang Tanggap Covid-19, KPK Geledah Kantor Bupati Bandung Barat

Menanggapi hal tersebut, Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri membenarkan pihaknya telah melakukan penyidikan terkait dengan pengadaan barang tanggap darurat bencana pandemi COVID-19 pada Dinas Sosial Kabupaten Bandung Barat tahun 2020.

BACA JUGA: Kasus Suap Bansos, Juliari Batubara Disebut Rekomendasikan Sritex Garap Goodie Bag

“KPK telah selesai melakukan penyelidikan dan ditemukan adanya kecukupan alat bukti maka benar saat ini telah menaikkan ke tahap penyidikan,” katanya, Selasa (16/3).

Kendati demikian, Ali mengatakan pihaknya belum bisa menyampaikan kepada publik ihwal pihak-pihak yang telah ditetapkan sebagai tersangka maupun uraian lengkap perkaranya.

BACA JUGA: Hmm…. Jokowi Ngajak Benci Produk Asing, Tapi Mau Impor Beras 1 Juta Ton

Ia menyebutkan, pengumuman para tersangka akan disampaikan usai tim penyidik melakukan upaya paksa penangkapan atau penahanan. Saat ini, kata dia, tim penyidik KPK masih menyelesaikan tugasnya.

“KPK pastikan pada waktunya akan memberitahukan kepada masyarakat tentang konstruksi perkara, alat buktinya dan akan dijelaskan siapa yang telah di tetapkan sebagai tersangka beserta pasal sangkaannya,” ucapnya.

Untuk memperkuat bukti-bukti, tim penyidik KPK menggeledah tiga lokasi di Bandung Barat, Jawa Barat, Selasa (16/3).

BACA JUGA: ICJR Nilai Penangkapan Warga Slawi Akibat Komentar Hoaks Soal Gibran Berlebihan

“Pada Selasa (16/3), tim penyidik KPK melakukan penggeledahan di 3 lokasi berbeda yang berada di Kabupaten Bandung Barat,” ungkap Ali Fikri.

Disebutkannya lokasi yang digeledah antara lain Kantor Bupati Bandung Barat serta dua kediaman pribadi pihak yang terkait dengan perkara tersebut.

“Perkembangannya akan kami informasikan lebih lanjut,” ucapnya. (gw/fin)

Rekomendasi Berita Terbaru

Populer