Perkuat Manajemen Keuangan, Abipraya Selenggarakan Pelatihan ERP

Perkuat Manajemen Keuangan, Abipraya Selenggarakan Pelatihan ERP

PT Brantas Abipraya menyelenggarakan pelatihan Enterprise Resource Planning (ERP) Finance & Controlling (FICO) untuk meningkatkan kompetensi karyawan.-dok-PT Brantas Abipraya

JAKARTA, FIN.CO.ID – PT Brantas Abipraya (Persero) sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Konstruksi yang kredibel di Indonesia, terus memastikan posisinya sebagai perusahaan terunggul dalam bidang manajemen dan sumber daya manusia (SDM). 

Sebagai salah satu komitmen untuk terus meningkatkan kompetensi karyawan, kali ini Abipraya menyelenggarakan pelatihan Enterprise Resource Planning (ERP) Finance & Controlling (FICO) yaitu sebuah sistem terpadu yang digunakan oleh perusahaan untuk mengintegrasikan seluruh sumber daya perusahaan. 

Penggunaan sistem ERP bertujuan untuk memudahkan perencanaan hingga pengelolaan sumber daya perusahaan. Kegiatan diselenggarakan di Kantor Pusat Abipraya, Jakarta.

 (BACA JUGA:'Jurus' Brantas Abipraya Akselerasi Kualitas SDM melalui Optimalisasi Talent Management)

“Sistem ERP FICO merupakan core system manajemen perusahaan. Untuk menjaga dan meningkatkan akuntabilitas kinerja Abipraya, secara konsisten kami mengadakan pelatihan ERP untuk karyawan, yang bertujuan untuk memperkuat Abipraya baik dari sisi manajemen keuangan, organisasi maupun SDM Abipraya,” jelas Miftakhul Anas, selaku Sekretaris Perusahaan Abipraya dalam keterangannya, Rabu, 15 Juni 2022.

Ditambahkan Anas, dengan implementasi sistem ERP FICO, hal ini memungkinkan setiap departemen di perusahaan dapat terhubung pada satu sistem yang sama. Hal ini akan memudahkan perencanaan dan pengelolaan antara departemen. 

Sistem ERP FICO yang dimiliki saat ini pun sudah cukup komprehensif dalam memenuhi aspek keuangan mulai dari perencanaan, penggunaan, hingga pertanggungjawaban sehingga mendukung efisiensi dan efektifitas kinerja di Abipraya.

(BACA JUGA:Kurangi Risiko Banjir di Aceh Utara, Abipraya Genjot Bendungan Keureuto Tuntas Tahun Depan)

Selain itu, Sistem ERP FICO juga memiliki nilai manfaat yang sangat tinggi dalam integrasi proses bisnis di perusahaan, antara lain meningkatkan akurasi proses bisnis yg real-time serta kemudahan dalam melakukan monitoring dengan sistem yang terpusat, sehingga manajemen dapat meminimalisir risiko keuangan.

Anas pun mengatakan bahwa ini adalah bukti komitmen Abipraya dalam melakukan transformasi digital. Dalam rangka sinergi BUMN, melalui kegiatan ini Abipraya membuktikan akuntabilitas perusahaan. 

Selain itu melalui platform ERP Abipraya ini juga turut menyukseskan visi perusahaan dengan menghubungkan transaksi berkelanjutan dari semua lini kerja dan bisnis di BUMN yang terunggul dalam pembangunan infrastruktur air ini, serta dengan implementasi ERP Abipraya dapat membantu meningkatkan kompetensinya dikancah internasional.

Sejak 2020, Abipraya telah mengaplikasikan lima modul ERP yang terdiri dari FICO, Human Capital Management (HCM), Sales & Distribution (SD), Material Management (MM), dan Project System (PS). Hingga kini semua modul ERP telah terimplementasi secara utuh serta sudah saling terintegrasi.

“Abipraya saat ini memiliki berbagai proyek infrastruktur yang masif dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia, dengan penggunaan Sistem ERP khususnya FICO tentunya manajemen keuangan di lingkungan perusahaan lebih terjamin, transparan, dan reliable,” tutup Anas.(rls/and)

 

Sumber: