Terungkap, Penyebab Ledakan Dahsyat di Banyumas, Ternyata Merokok Sambil Racik Petasan

Terungkap, Penyebab Ledakan Dahsyat di Banyumas, Ternyata Merokok Sambil Racik Petasan

Rumah yang hancur akibat ledakan -ist-Antara

BANYUMAS, FIN.CO.ID - Penyebab ledakan yang menewaskan satu orang di Banyumas, terungkap.

Ledakan dahsyat tersebut berasal dari sebuah rumah di wilayah RT 04/01, Desa Randegan, Kecamatan Kebasen, Banyumas, Jawa Tengah, Selasa, 14 Juni 2022 sore.

Menurut Kapolresta Banyumas Kombes Pol Edy Suranta Sitepu, berdasarkan hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) oleh Tim Gegana Brimob Polda Jawa Tengah dan Inafis Polresta Banyumas ditemukan bahan peledak. 

(BACA JUGA:Duar... Ledakan Keras di Banyumas, Satu Meninggal Dunia, 4 Rumah Hancur)

Bahan peledak tersebut sebagai bahan dasar pembuat petasan.

"Dari hasil olah TKP di rumah ini ditemukan seperti bahan peledak, diduga untuk membuat petasan atau mercon," katanya, Selasa, 14 Juni 2022 malam.

Kendati demikian, dia mengatakan pihaknya masih mendata dan mengumpulkan semua barang bukti yang berkaitan dengan ledakan tersebut.

(BACA JUGA:Pesan Kopi, Gas Melon 3 Kg Meledak, Tukang Ojek dan Penjual Kopi Dilarikan ke RS)

Ia menduga insiden ledakan itu terjadi saat korban meninggal atas nama Ahmad Gustomi (28) yang merupakan anak pemilik rumah, sedang meracik petasan sambil merokok.

Dugaan tersebut muncul karena di sekitar korban yang ditemukan dalam kondisi meninggal dunia, banyak terdapat puntung rokok.

"Ini dugaan sementara, akan kami dalami lagi," katanya.

Ia mengatakan pihaknya juga masih melakukan pendalaman terhadap barang bukti bahan peledak tersebut, apakah digunakan untuk membuat petasan atau untuk membuat bahan petasan karena di lokasi kejadian ditemukan pula bahan mentah.

Menurut dia, insiden ledakan tersebut tidak ada kaitannya dengan terorisme karena aktivitas membuat petasan diketahui berdasarkan keterangan dari orang tua korban.

"Kami masih melakukan pendalaman terhadap keterangan tersebut," kata Kapolresta menegaskan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: