Siapa yang Bocorkan Sertifikat Vaksinasi Jokowi?

Siapa yang Bocorkan Sertifikat Vaksinasi Jokowi?

JAKARTA - Bocornya Nomor Induk Kependudukan (NIK) Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tertera pada sertifikat vaksinasi termasuk kategori pidana. DPR minta kasus ini harus diusut tuntas.

"Siapa yang bertanggung Jawab. Siapa yang mencuri data dan menyebarkan. Itu harus bertanggung jawab. Data forensiknya bisa ditelusuri. Pelakunya harus mempertanggungjawabkan dari sisi hukum," ujar Anggota DPR Fraksi PDIP Rahmad Handoyo di Jakarta, Jumat (3/9).

Dia menyebut perlunya penyempurnaan sistem untuk perlindungan data pribadi. Apalagi saat ini, proses vaksinasi COVID sedang berjalan. Kemenkes diminta untuk berkolaborasi dengan instansi terkait.

"Proses penyempurnaan, perbaikan, dan pengawasan data milik publik harus diperkuat. Disadari Kemenkes tidak ahli di bidang ini. Tentu perlu kolaborasi dengan Kominfo, dan Badan Siber Nasional. Jadi antisipasi dan mitigasi perlu dilakukan," terangnya.

Sebelumnya, juru bicara Presiden, Fadjroel Rachman, menyayangkan beredarnya data pribadi presiden Jokowi ke ruang publik. Dia berharap ada langkah khusus untuk menangani hal tersebut.

"Pihak terkait diharap segera melakukan langkah khusus untuk mencegah kejadian serupa. Termasuk melindungi seluruh data milik masyarakat," jelas Fadjroel.(rh/fin)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


admin

Tentang Penulis

Sumber: