Badan Mudah Lelah dan Gampang Kedinginanan, Mood Juga Naik Turun? Ini Daftar Penyakitnya Menurut Dokter

Badan Mudah Lelah dan Gampang Kedinginanan, Mood Juga Naik Turun? Ini Daftar Penyakitnya Menurut Dokter

Badan Gampang Lelah, Image oleh StockSnap dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Anda punya keluhan seperti badan yang mudah lelah, mood yang naik turun, dan kerap merasa kedinginan?

Susah konsentrasi juga apa yang Anda keluhkan, selain juga mengalami gangguan tidur.

Pertanyaannya, apa yang menjadi penyebab keluhan Anda seperti di atas?

Jawabnya menurut ahli, keluhan yang demikian ini bisa dikaitkan dengan beberapa kondisi kesehatan seperti salah satunya gangguan depresi dan gangguan kecemasan.

(BACA JUGA:Anda Kerap Merasa Lelah Bukan Main? Ini Mungkin Penyebabnya)

(BACA JUGA:Lelah tapi Gak Bisa Tidur)

Tidak hanya gangguan depresi dan gangguan kecemasan, orang yang kerap mengeluhkan rasa lelah dengan masalah pada moodnya, bisa dikaitkan dengan kondisi seperti sindrom kelelahan kronis dan gangguan tiroid.  

Pada kasus yang seperti ini, kunjungan ke ruang dokter sangalah dianjurkan, guna mengenali penyebab dan menemukan penanganan yang tepat.

“Sebaiknya, apabila keluhan yang Anda sampaikan sudah sangat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari, periksakanlah diri Anda ke dokter,” saran dr. Talitha Najmillah Sabtiari seperti dikutip FIN dari Alodokter.

“Dokter akan menanyakan riwayat keluhan secara lengkap, melakukan pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang yang relevan seperti tes darah lengkap termasuk tes level tiroid (TSH, T3, T4) sehingga dokter dapat menentukan penyebab kondisi yang Anda alami dan memberikan terapi yang sesuai,” tutupnya.

Sindrom Kelelahan Kronis

Taukah Anda ada kondisi kesehatan bernama chronic fatigue syndrome (CFS) atau sindrom kelelahan kronis, yang penderitanya didominasi oleh wanita?

Dan meski judulnya adalah kelelahan kronis, menurut profesor dari Rowan School of Osteopathic Medicine di New Jersey, kondisi ini ternyata juga meliputi beberapa hal lainnya.

Berikut beberapa gejala umum sindrom kelelahan kronis, via Prevention, yang wajib Anda cermati:

Badan sakit di sekujur tubuh

Para penderita CFS melaporkan munculnya rasa sakit seperti pada kepala, persendian, otot dan bahkan tenggorokan. Rasa sakit ini tidak ditAndai dengan kemerahan juga pembengkakan

Kesulitan berdiri tegak

CFS dapat menyebabkan penderitanya kesulitan untuk berdiri tegak. Meski belum dapat dijelaskan secara gamblang, para ahli berpendapat bahwa CFS dapat menyebabkan intoleransi orthostatic, yang mempengaruhi penurunan aliran darah pada otak.

Gangguan Tidur

80 persen penderita CFS melaporkan hal ini. Meski mereka kelelahan, namun kesulitan untuk memejamkan mata dan ketika Anda tertidur Anda akan mudah sekali terbangun. Sulit berkonsentrasi Selain kelelahan yang teramat sangat, salah satu gejala lainnya adalah mudah lupa, sulit berkonsentrasi dan sangat mudah sekali teralihkan oleh hal lain.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: