Kemenag: 8 Kloter Jamaah Calon Haji Berangkat ke Madinah Hari Ini

Kemenag: 8 Kloter Jamaah Calon Haji Berangkat ke Madinah Hari Ini

Jemaah haji Kabupaten Tangerang yang akan berangkat ke Tanah Suci.-Rikhi Ferdian-FIN

JAKARTA, FIN.CO.ID - Kementerian Agama (Kemenag) mengungkap sebanyak delapan kelompok terbang (kloter) jamaah calon haji Indonesia bakal diberangkatkan ke Arab Saudi pada Jumat, 10 Juni 2022.

Kloter berjumlah 3.226 calon dan petugas haji itu berasal dari lima embarkasi yakni Jakarta, Bekasi, Padang, Solo, dan Surabaya.

(BACA JUGA:Kemenag Bantah Isu Aceh Kelola Sendiri Pelaksanaan Haji: Itu Disinformasi)

"Rencana keberangkatan jamaah calon haji pada Jumat, jumlah jamaah dan petugas yang akan diberangkatkan sebanyak delapan kelompok terbang dari lima embarkasi dengan jumlah 3.226 orang," kata Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Kementerian Agama Akhmad Fauzin dalam konferensi pers, Jumat, 10 Juni 2022.

Ia memperinci, jumlah jamaah calon haji dari embarkasi Jakarta sebanyak satu kloter, terdiri dari 393 orang; Bekasi dua kloter, 820 orang; Padang satu kloter, 393 orang; Solo dua kloter, 720 orang; dan Surabaya dua kloter, 900 orang.

Ia mengungkapkan, jamaah calon haji yang telah tiba di Madinah sebanyak 2.805 orang. Jumlah tersebut menambah total jamaah yang telah diberangkatkan ke Tanah Suci sebanyak 14.757 orang.

(BACA JUGA:Kemenag Pastikan Ziarah Madinah Calon Jamaah Haji Tak Dipungut Biaya Tambahan)

Jamaah calon haji Indonesia tersebut seluruhnya mendarat di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah. Setelah menjalani berbagai rangkaian ibadah dan ziarah di Madinah selama 9 hari, jamaah selanjutnya diberangkatkan menuju Mekkah.

"Saat di Mekkah jamaah calon haji akan melaksanakan umrah wajib dan berbagai ibadah lainnya sampai dengan selesainya seluruh rangkaian pelaksanaan ibadah haji," kata dia.

Di samping itu, ada laporan sejumlah jamaah calon haji telapak kakinya mengelupas karena berjalan di sekitar Masjid Nabawi yang kondisi cuacanya panas.

(BACA JUGA:Dua Jemaah Haji Indonesia Kakinya Melepuh, Suhu Arab Saudi Bisa Mencapai 55 Derajat Celsius )

Ia mengingatkan jamaah selalu memakai alas kaki/sandal saat melewati pelataran Masjid Nabawi.

"Kami juga mengingatkan agar jamaah jangan menunggu haus, mengonsumsi vitamin, makan secara teratur, dan istirahat yang cukup," kata dia.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizky Agustian

Tentang Penulis

Sumber: