Mengapa Jasad Eril Masih Utuh Meskipun Sudah 14 Hari? Ridwan Kamil Jelaskan Begini...

Mengapa Jasad Eril Masih Utuh Meskipun Sudah 14 Hari? Ridwan Kamil Jelaskan Begini...

Atalia Praratya dan Emmeril Kahn Mumtaz--Instagram/ @ataliapr

JAKARTA, FIN.CO.ID- Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil saat ini telah berada di Rumah Sakit di Bern tempat jenazah anaknya Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril dimandikan dan dikafani. 

Ridwan Kamil mengatakan, jasad putra sulungnya itu masih utuh. Kata dia, dari penjelasan ilmia bahwa jasad almarhum utuh karena air Aare dingin seperti es. 

Sehingga meskipun sudah 14 hari jasadnya tidak hancur karena diawetkan oleh air yang dinginnya seperti es.

"Alhamdulillah, di Rumah Sakit Bern, sesaat setelah memandikan jenazah Eril. Penjelasan ilmiah kenapa jasadnya utuh: Sungai Aare yang sedingin kulkas dan minim fauna, membuat jasadnya terjaga setengah membeku sehingga tetap utuh lengkap walau berada di dasar sungai selama 14 hari," tulis Ridwan Kamil melalui akun Twitter-nya, Jumat 10 Juni 2022.

(BACA JUGA:Tangisan Istri Ridwan Kamil Pecah Lihat Jasad Eril Usai Dimandikan: Masyallah Allah )

Ridwan Kamil sebelumnya telah mengambil cuti selama 11 hari setelah adanya perkambangan atas pencarian anaknya. Hingga pada Kamis malam, pihak KBRI Bern mengumumkan penemuan jasad Eril di bendungan Engehalde, Bern, Swiss pada Rabu 8 Juni pagi. 

"Alhamdulillah ya Allah, akhirnya engkau memberikan kesempatan saya untuk kembali memeluk, membelai dan memandikan anak saya sesuai syariat Islam, juga mengadzankan dengan sempurna di telinganya persis seperti saat Eril lahir," tutur Ridwan Kamil.

Jenazah Eril rencananya akan tiba di Indonesia, pada Minggu, 12 Juni 2022.

Rencana jenazah Eril akan dimakamkan di Tempat pemakaman milik keluarga di Cimaung, Kabupaten Bandung, Senin, 13 Juni 2022.

(BACA JUGA:Pemprov Jabar Kemungkinan Jasad Eril Disemayamkan di Gedung Pakuan)

Hal tersebut diutarakan Kepala Biro Administrasi Pimpinan (Adpim) Provinsi Jawa Barat, Wahyu Mijaya.

"Nah kemudian yang dapat kami informasikan lagi, rencananya almarhum akan dimakamkan di pemakaman keluarga, itu di daerah Cimaung, Kabupaten Bandung," katanya, Jumat, 10 Juni 2022.

Dia mengatakan kepulangannya Gubernur Ridwan Kamil dan almarhum Eril dari Kota Bern, Swiss, akan direncanakan pada hari Sabtu (11/6) dan rencananya akan tiba di Indonesia pada hari Minggu (12/6).

(BACA JUGA:Jokowi Beri Perintah Khusus ke Kemenlu dan Dubes RI Terkait Kepulangan Jenazah Eril ke Indonesia, Isinya...)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: