Terkini

Pilihan


Imbas Pandemi COVID-19, Pengguna Internet di Indonesia Meningkat hingga 25 Persen

Imbas Pandemi COVID-19, Pengguna Internet di Indonesia Meningkat hingga 25 Persen

Ketua Umum Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII) Muhammad Arif.-Istimewa-

JAKARTA, FIN.CO.ID - Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII) mencatat pengguna internet tumbuh dari tahun ke tahun. Saat ini, sekitar 77 persen penduduk Indonesia telah menggunakan internet.

"Pertumbuhan ini sangat fantastis. Sebelum pandemi angkanya hanya 175 juta, saat ini data terbaru APJII sekitar 220 juta (meningkat 25 persen). Tentunya efek pandemi ini sangat membawa dampak signifikan penggunaan internet di Indonesia," kata Ketua Umum APJII Muhammad Arif dalam acara Indonesia Digital Outlook 2022 di Jakarta, Kamis, 9 Juni 2022.

(BACA JUGA:Di Negara Ini Speed Download Internet Rata-ratanya Mencapai 278 Mbps, dan Itu dari HP)

Ia menyebut, jumlah pengguna internet yang besar ini memungkinkan masyarakat memanfaatkan produk inovasi dan disrupsi digital.

"Kita sudah melihat contohnya selama ini salah satunya disrupsi teknologi pada masa pandemi video conference, e-learning, video streaming, e-commerce dan lain-lainnya," kata dia.

Hingga saat ini, kata dia, APJII menaungi sedikitnya 750 internet service provider di seluruh Indonesia. 

(BACA JUGA:Banyak Orang Ingin Menghapus Jejak Digital Mereka di Internet, Ini Mengapa)

"Ini jumlah terbanyak di dunia dalam satu negara saya rasa," ucap Arif.

Lebih lanjut, ia berharap, Presidensi G20 Indonesia dapat menjadi momentum supaya Indonesia berkontribusi kepada masyarakat dunia termasuk mewujudkan transformasi digital secara berkelanjutan.

"APJII sangat mengapresiasi dan berharap besar pada fokus Presidensi G20 Indonesia pada bidang-bidang yang saat ini menjadi megatren ekonomi termasuk di dalamnya digitalisasi yang menjadi pokok bahasan dalam Presidensi G20," tukasnya.

(BACA JUGA:Anak Durhaka, Pukuli Ibu Kandung Karena Tak Mampu Beli Kuota Internet)

Pada kesempatan yang sama, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menyebut Indonesia kini memasuki era kedaulatan digital.

"Transformasi digital ini bermanfaat untuk semua, benefit for all, kita memasuki era baru, era kedaulatan digital," ucap Johnny.

Ia menyebut, pemerintah telah mengambil langkah-langkah pasti selaku regulator untuk memastikan konektivitas dengan baik agar fungsi infrastruktur digital dapat berjalan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizky Agustian

Tentang Penulis

Sumber: