Diprediksi Ada Kekacauan Besar Gulingkan Jokowi Jika Berambisi 3 Periode

Diprediksi Ada Kekacauan Besar Gulingkan Jokowi Jika Berambisi 3 Periode

JAKARTA- Rektor Universitas Ibnu Chaldun, Profesor Musni Umar mengatakan, wacana Presiden 3 Periode jika terjadi akan berdampak besar bagi Indonesia dan dunia Internasional. Dia memastikan akan ada gelombang kemarahan rakyat yang besar.

"Dampak politik dalam negeri. Hampir pasti rakyat akan marah seperti yang dikemukakan Anwar Abbas, Wakil Ketua Umum MUI Pusat. Bukan hanya rakyat marah, tetapi ada isu politik yang mempersatukan semua elemen di luar pemerintah untuk melakukan perlawanan," ujar Musni Umar lewat keterangan tertulisnya, Sabtu (5/9/2021).

Berikutnya, kata Musni Umar, dampak politik luar negeri terhadap Indonesia. Negara-negara demokrasi akan memberi label kepada Indonesia sebagai negara yang tak lagi menganut demokrasi. Dia mengatakan, dua kondisi dampak dalam negeri dan luar negeri itu bisa akan memicu gejolak besar untuk menggulingkan presiden seperti yang terjadi pada era Orde Baru.

"Kondisi tersebut akan terjadi rallying point antara kepentingan rakyat dalam negeri dengan kepentingan internasional, sehingga terjadi gejolak politik untuk melengserkan Presiden ditengah jalan seperti yang dialami Presiden Soekarno dan Presiden Soeharto," ungkap Musni Umar.

Dia melanjutkan, berikutnya terjadi dampak sosial dalam negeri antara pendukung Jokowi 3 periode dan yang kontra.

"Ketiga, dampak sosial, akan terjadi perpecahan yang dahsyat antara yang pro Presiden Jokowi 3 periode dengan yang anti 3 periode," katanya.

"Jika ini terjadi, maka China yang sudah menancapkan kukunya di Indonesia akan mempertahankan Presiden Jokowi, sebaliknya Amerika dan negara-negara barat akan membantu rakyat Indonesia yang anti 3 periode untuk menggulingkan Presiden Jokowi. Jika ini terjadi, Indonesia akan kacau dan hancur" sambung Musni Umar.

Sehingga memprediksi kekacauan itu, Musni Umar menyarankan agar Amandemen UUD ditunda sebab terlalu berisiko.

"Terlalu riskan melakukan amandemen UUD sekarang, karena banyak yang berkepentingan Jokowi 3 periode untuk melanggengkan kekuasaan mereka di bidang politik dan ekonomi" ungkap Musni Umar. (dal/fin).

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


admin

Tentang Penulis

Sumber: