Habis Olahraga dan Keringetan Gak Boleh Mandi, Mitos Atau Fakta? Begini Penjelasan Dokter Tirta

Habis Olahraga dan Keringetan Gak Boleh Mandi, Mitos Atau Fakta? Begini Penjelasan Dokter Tirta

dr Tirta Mandira Hudhi-Instagram-dr.Tirta

JAKARTA, FIN.CO.ID - Di kehidupan sehari-hari, kita sering mendengar pendapat bahwa ketika tubuh dipenuhi keringat, semisal usai berolahraga, maka kita tidak boleh langsung mandi sebelum keringat kita mengering. 

Pendapat atau pernyataan itu dipercaya oleh sebagian orang, karena kuatir jika badan penuh keringat dan dipaksakan mandi, maka hal itu bisa menyebabkan penyakit. 

(BACA JUGA:Apa Benar Mandi Malam Sebabkan Nyeri Sendi dan Otot? Ini Kata dr. Arrum)

(BACA JUGA:Ada Kutil Tumbuh di Kelamin Anda? Ini Penyebabnya Menurut dr. Nadia)

Namun demikian, ada pula sebagian orang yang menganggap hal itu hanyalah mitos belaka, tidak ada dalilnya dalam dunia kesehatan. 

Nah, ketimbang menjadi rancu, Fin.co.id kemudian mencari tahu kepada ahlinya, agar para pembaca bisa menjadi jelas berdasarkan fakta kesehatannya. 

Dikutip dari postingan video reelsnpada akun Instagram dr Tirta Mandira Hudhi @pengpengpeng and dr.tirta, aktivis kesehatan dan pegiat media sosial itu menjelaskan apakah benar mandi dalam keadaan tubuh penuh keringat, tidak baik untuk kesehatan. 

"Sebenarnya gak masalah (mandi saat berkeringat), tapi ketika kita berkeringat itu tubuh kita sebenarnya menguap dan ada potensi bakteri-bakteri itu menempel di kulit. Ketika kita mandi, otomatis masih ada potensi keringat kita yang belum menguap tapi masih nempel dan yang nempel disitu jadi bakteri," tutur dokter Tirta, dikutip Fin.co.id, Rabu 1 Juni 2022. 

(BACA JUGA:Daftar 20 Mobil Terlaris Bulan April 2022, Mobil Anda Salah Satunya?)

(BACA JUGA:Daftar 6 Mobil Harga Rp300 Jutaan yang Punya Fitur Panoramic Sunroof)

dr Tirta kemudian menyarankan, sebaiknya memang ketika tubuh kita berkeringat, tidak langsung mandi melainkan membiarkan keringat di tubuh kita menguap terlebih dahulu. 

"Lebih baik kalian menunggu keringatnya kering dulu. Biarkan keringat itu menguap, setelah keringat itu menguap baru kalian mandi," tuturnya. 

Menurutnya, jika memang tubuh masih berkeringat dan kita memaksakan mandi, maka bakteri yang belum ikut menguap masih ada di tubuh kita dan berpotensi menimbulkan infeksi. 

"Itu makanya sebisa mungkin, possibility, bukan mitos bukan fakta tapi possibility. Tapi intinya kalau keringatan ya sebaiknya tunggu menguap dulu sampai selesai. Setelah keringatnya menguap baru mandi," tuturnya. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: