Apa Benar Mandi Malam Sebabkan Nyeri Sendi dan Otot? Ini Kata dr. Arrum

Apa Benar Mandi Malam Sebabkan Nyeri Sendi dan Otot? Ini Kata dr. Arrum

Mandi Malam Hari, Image oleh tookapic dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Kebiasaan mandi malam adalah hal yang dilakukan sebagian orang, dan untuk alasan masing-masing.

Namun pertanyaannya, apakah kebiasaan mandi malam ini berdampak pada nyeri sendi dan otot, yang kemudian diklaim mereka yang hobi mandi malam?

Jawabnya menurut ahli adalah tentu saja tidak, karena kondisi itu bisa jadi disebabkan oleh penyebab lain.

(BACA JUGA:Tenggorokan Sakit saat Makan dan Minum, Ini Kata Dokter Ainul)

“Nyeri sendi dan otot tidak berkaitan dengan mandi pada malam hari,” kata dr. Arrum Putri Amalia seperti dikutip FIN dari Alodokter.

“Namun dapat dipengaruhi dari aktivitas sehari-hari seperti sering berdiri terlalu lama, mengangkat beban berat, melompat, olahraga berlebih, dan cedera atau keseleo,” jelasnya.

Akan tetapi lanjut dr. Arrum, jika nyeri sendi dan otot ini disertai oleh panas dingin atau demam, kondisi ini mungkin disebabkan oleh kondisi seperti flu.

“Kemungkinan besar disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri seperti flu, yang dapat sering dialami pada seseorang dengan kekebalan tubuh yang lemah,” jelasnya.

Agar terhindar dari keluhan yang dimaksud, dr. Arrum menyarankan untuk menerapkan gaya hidup sehat.

Rutin minum air putih, 2 liter per hari, tidur yang cukup, 8 jam sehari, rutin berolahraga, 3 kali sehari, adalah yang bisa dipraktekan ke depannya.

Selain mengelola stres dengan baik, dan mengkonsumsi vitamin C dengan teratur, dapat membantu Anda untuk mengatasi keluhan yang dimaksud.

Selain di atas, ada tips lain yang bisa dipraktekan agar tidak mudah terserang flu. Berikut menurut laman Grand Parents:

Rajin mencuci tangan

Seperti halnya untuk menghindari COVID, kebiasaan mencuci tangan menurunkan risiko ancaman mikroba yang datang lewat tangan.

Vaksinasi

Seperti halnya vaksin COVID, dunia medis sudah sejak lama menyediakan vaksin khusus flu. Vaksin yang dapat digunakan oleh setiap orang dewasa efektif mencegah anda dari flu sebesar 50-60 persen. Vaksin flu adalah salah satu cara terbaik untuk terhindar dari paparan flu dan pilek.

Hindari rokok

Ketika seseorang merokok, hal ini menyebabkan gangguan pada membran mucus, barisan pertahanan terhadap potensi infeksi.
Kebiasaan orang merokok juga menurunkan sistem kekebalan tubuh secara keseluruhan.

Tertawa

Menurut studi Western Kentucky University, mereka yang tertawa, meski dari tontonan film komedi, memiliki efek terhadap sel NK di dalam tubuh. Benefitnya adalah membunuh mikroba dan kanker.


DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: