Tenggorokan Sakit saat Makan dan Minum, Ini Kata Dokter Ainul

Tenggorokan Sakit saat Makan dan Minum, Ini Kata Dokter Ainul

Tenggorokan Sakit, Ilustrasi oleh Alexandr Litovchenko dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Anda mengeluhkan tenggokan nyeri khususnya setiap kali menelan makanan atau minuman.

Ditenggorokan pun terasa seperti ada sesuatu yang mengganjalnya.

Pertanyannya, apa yang jadi penyebab nyeri tenggorokan dengan sensasi mengganjal?

(BACA JUGA:Alami Pembengkakan di Leher, Ada Apa dengan Oprah Winfrey ?)

Menurut pendapat dr. Muhammad Ainul Rohman F, kondisi ini dapat disebabkan oleh masuknya benda asing di jalan makan.

Atau jika disebabkan oleh kondisi kesehatan, GERD atau asam lambung, faringitis dan infeksi, baik itu bakteri mau pun virus, dapat bertanggungjawab atas keluhan di atas.

“Untuk menegakkan diagnosis dan menyingkirkan diagnosis banding lainnya, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter ya untuk dilakukan anamnesis dan pemeriksaan lebih lanjut,” kata dr. Ainul saat menjawab pertanyaan pasien di Forum Tanya dokter.

“Jika memang ada benda asing di area faring maka Anda mungkin akan disarankan untuk ke dokter THT untuk pengambilan benda asing tersebut,” jelasnya, via Alodokter. https://www.alodokter.com/komunitas/topic/tenggorokan-terasa-mengganjal-dan-sakit-ketika-makan

Untuk Anda yang belum berencana mengunjungi dokter, dapat mencoba menyingkirkan rasa mengganggu ini, dengan beberapa tips berikut:

“Saat ini coba makan makanan yang halus dan lunak, tidak makan dengan suhu terlalu panas atau terlalu dingin,” jelas dr. Ainul.

Jika pun batuk, sangat tidak disarankan terlalu kencang. Anda yang hobu makan makanan pedas dan asam, juga diminta untuk menghindari pantangan Anda sementara waktu ini.

Membatasi porsi makan, alias jangan terlalu banyak, namun dengan durasi yang lebih sering, adalah anjuran lainnya.

Hal ini senada dengan yang disebut ahli di laman Healthline. Menurut ahli, kondisi yang dinamakan disfagia ini, pada dasarnya bukanlah sesuatu untuk dikhawatirkan, karena umumnya dapat hilang dengan sendirinya.

Namun berbeda pada kasus lain namun serius, kesulitan menelan dapat disebabkan oleh Epiglotitis, atau radang yang terjadi di epiglottis, dan berpotensi mengancam nyawa.

Infeksi virus EBV, pembesaran kelenjar tiroid, radang esofagus, hingga kanker esofagus dan perut, juga dapat menyebabkan kondisi ini.

Tidak ada salahnya untuk memeriksakan kondisi Anda ke dokter, guna mengenali penyebab dan mengetahui penanganannya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: