Tegas! Erick Thohir Larang BUMN Bersaing dengan UMKM

Tegas! Erick Thohir Larang BUMN Bersaing dengan UMKM

×

JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir menegaskan, bahwa perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dilarang untuk tidak menjadikan UMKM pesaing bisnis, melainkan sebagai pelaku usaha mikro sebagai mitra.

Menurutnya, BUMN dan UMKM harus saling membesarkan. Pasalnya, integrasi keduanya memberikan dampak signifikan bagi pertumbuhan ekonomi nasional.

"Kolaborasi dengan UMKM ini harus diperkuat dengan pemahaman pada diri BUMN bahwa UMKM bukanlah saingan," kata Erick, Senin (6/9/2021).

Erick menuturkan, di tengah pandemi Covid-19 manajemen BUMN tidak saja mempertahankan bisnis perusahaan, namun perlu mengambil langkah inisiatif untuk meningkatkan profit perusahaan.

"Kinerja UMKM bergantung pada pendapatan perusahaan pelat merah. Karena itu, integrasi keduanya menjadi instrumen penting bagi pertumbuhan makro ekonomi Indonesia," ujarnya.

Dengan demikian, kata lanjut Erick, profit perusahaan negara akan memberi dampak positif bagi income atau pendapatan UMKM. Sementara, UMKM berperan penting dan menjadi tulang punggung pagi pemulihan ekonomi Indonesia di tengah pandemi Covid-19.

"BUMN menjadi instrumen penting antara keseimbangan dan pemerataan kinerja UMKM dan ekonomi masyarakat. Dia pun meminta agar perseroan meningkatkan profitnya," pungkasnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


admin

Tentang Penulis

Sumber: