Efek Perubahan Rute, Penumpang Menumpuk di Stasiun Manggarai

Efek Perubahan Rute, Penumpang Menumpuk di Stasiun Manggarai

Ilustrasi - mudik di Stasiun Kereta Api.-dok-net

JAKARTA, FIN.CO.ID -- Diberlakukannya aturan switch over di Stasiun Manggarai sejak Sabtu, 28 Mei 2022 menyebabkan terjadinya antrean calon penumpang.

Atas adanya penumpukan penumpang tersebut, PT KCI Commuter menyampaikan permohonan maaf.

(BACA JUGA:Tribun Formula E Ambruk Merusak Citra DKI Jakarta, DPR: Audit Khusus Tribun Formula E yang Ambruk)

VP Corporate Secretary KAI, Commuter Anne Purba mengatakan, PT KCI Commuter menyampaikan permohonan maaf atas terjadi kelambatan tinggi pada hari pertama perubahan rute KRL Bogor dan Bekasi.

"Kami memohon maaf terjadi kelambatan tinggi pada hari pertama, mengingat adanya pembatasan kecepatan menuju dan keluar Stasiun Manggarai pasca SO5 untuk memastikan keselamatan perjalanan kereta," ungkap Anne Purba, Minggu, 29 Mei 2022 dikutip dari PMJNews.com.

Menurut Anne, untuk mengantisipasi dan mencegah penumpukan penumpang, KAI Commuter juga mengoperasikan KRL Feeder relasi Manggarai-Angke/Kampung Bandan melalui peron 8 untuk mengantisipasi kepadatan di peron 6 dan 7 dampak dari kelambatan dan potong relasi.

"KAI Commuter juga menyiapkan petugas agar setiap fasilitas yang ada di Stasiun Manggarai dapat tersosialisasi dengan baik sehingga transit pengguna lebih dimudahkan dan dapat terlayani dengan baik," tuturnya.

(BACA JUGA:Pelaku Tawuran yang Tewaskan Pelajar SMP dengan Luka Parah di Paru-paru Ditangkap Polisi)

Berdasarkan hasil evaluasi, lanjut Anne, KAI Commuter melakukan perbaikan pola operasi dan stabling KRL agar terus dapat memperbaiki pola operasi pasca SO5.

Sehingga di hari kerja mulai Senin, 30 Mei 2022 besok dapat berjalan lebih baik.

Sekadar informasi, Penerapan aturan switch over di Manggarai bertujuan untuk mengoptimalkan layanan KRL bisa menyesuaikan perjalanan kereta api jarak jauh dan kereta bandara.

Switch over juga bertujuan untuk mengembangkan double-double track (DDT) antara Manggarai-Cikarang yang merupakan proyek strategis nasional.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: