Begini Cara Pemkab Tangerang Cegah Masalah Sosial di Wilayahnya

Begini Cara Pemkab Tangerang Cegah Masalah Sosial di Wilayahnya

Pemkab Tangerang membentuk Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM). --

TANGERANG, FIN.CO.ID - Dalam mencegah permasalahan sosial di lingkungan kecamatan, Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, membentuk Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM).

Anggota forum ini merupakan masyarakat yang menjadi relawan. 

(BACA JUGA:Mengapa Anies Baswedan Tak Publikasikan Pertemuannya dengan Menkeu Singapura Lawrence Wong? Gak Enak Ama UAS?)

Bertugas memonitor segala potensi gangguan kamtibmas serta permasalahan sosial di kecamatan masing-masing.

"Forum ini dibentuk di setiap kecamatan dan saat ini sudah 15 kecamatan terbentuk," kata Tisna Hambali Rudani selaku ketua dalam acara pembekalan anggota FKDM di aula Kecamatan Kelapa dua, Senin 23 Mei 2022.

Dia menjelaskan, para anggota FKDM tersebut akan menjadi pionir dalam memonitor permasalahan sosial di lingkungannya.  

Nantinya, lanjut dia, segala permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat akan dilaporkan kepada pemerintah daerah bersama unsur Muspika setempat.

(BACA JUGA:Disinggung Jokowi dalam Rakernas Projo, Begini Jawaban Ganjar )

"Karena mencegah lebih baik dari pada mengobati," imbuhnya 

Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Mochamad Maesyal Rasyid mengungkapkan, bahwa segala permasalahan sosial dan juga bencana alam kerap terjadi di lingkungan sekitar.

Hal itu membuat semua pihak baik dari pemerintah daerah maupun masyarakat harus berpartisipasi dalam bentuk kerelawanan.

"Kerelawanan merupakan salah satu bentuk upaya penanggulangan bencana alam maupun antisipasi dari perilaku-perilaku penyimpangan sosial yang dapat merugikan masyarakat kita," tuturnya.

(BACA JUGA:Nama KTP Minimal Dua Kata, Dirjen Dukcapil: Satu Kata Boleh, Jika Pemohon Bersikeras )

Maesyal juga meminta agar forum yang sudah dibentuk tersebut bisa terus meningkatkan komunikasi dan koordinasi antara masyarakat dan pemerintah.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: