Hyundai dan KIA 'Ngamuk', Penjualan di Eropa Sepanjang April 2022 Melonjak 13 Persen

Hyundai dan KIA 'Ngamuk', Penjualan di Eropa Sepanjang April 2022 Melonjak 13 Persen

Hyundai Ioniq 5, mobil listrik karya Hyundai yang menyumbang angka penjualan tinggi di pasar Eropa. Dok: Hyundai-Istimewa-

JAKARTA, FIN.CO.ID - Dua pabrikan otomotif asal Korea Selatan (Korsel) yaitu Hyundai dan KIA meraih sukses dalam penjualan kendaraan produksi mereka di pasar Eropa. 

Bagaimana tidak, Hyundai Motor Co dan Kia Corp mengumumkan bahwa penjualan total mereka naik 13 persen pada April 2022 dibanding tahun lalu. 

(BACA JUGA:Kenalin Nih, Teknologi Elektrifikasi Paling Anyar Milik Suzuki Namanya Suzuki Smart Hybrid)

(BACA JUGA:All New HR-V Electric Mulai Dipasarkan di China, Indonesia Kapan?)

Kenaikan pendapatan ini dikontribusikan dari penjualan kendaraan listrik yang meningkat tajam.

Pada April kemarin, Hyundai dan Kia menjual total 88.952 kendaraan di Eropa. Sedangkan pada periode yang sama tahun tahun lalu hanya 78.586 unit.

(BACA JUGA:Review Daihatsu Luxio Facelift 2022: Harga di Bawah Xenia Tapi Lebih Lega Dari Innova)

(BACA JUGA:Fitra Eri: Pakai Mobil Listrik Hematnya 10 Kali Lipat)

Produsen mobil Korsel ini menyumbang 10,7 persen dari pasar mobil penumpang Eropa bulan lalu, naik 3,1 poin persentase dari tahun sebelumnya.

Hyundai dan KIA bernasib baik karena pendaftaran mobil penumpang baru di Uni Eropa turun 20 persen menjadi 830.447 unit selama periode yang sama karena masalah rantai pasokan yang berkelanjutan.

(BACA JUGA:Hyundai Creta Jadi Compact SUV Paling Laris Bulan Maret 2022)

(BACA JUGA:Hyundai Rajai Mobil Listrik, Kona Electric Banyak Jadi Pilihan )

Penjualan model kendaraan listrik mereka, seperti Hyundai IONIQ 5, Kia Niro EV, EV6, dan Soul EV boxcar, melonjak 44 persen dalam setahun menjadi 12.054 unit bulan lalu, kata Hyundai.

Pada periode Januari-April, penjualan Hyundai dan KIA itu melonjak 19 persen menjadi 358.197 unit mobil, dari 300.584 unit di tahun lalu.

Sumber: