Puncak Macet Parah, Antrean Kendaraan 18 Km Sampai Cianjur, Pengemudi Terjebak hingga 2 Jam

Puncak Macet Parah, Antrean Kendaraan 18 Km Sampai Cianjur, Pengemudi Terjebak hingga 2 Jam

Ilustrasi kemacetan. (ist)--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Jalur Puncak-Cianjur, Jawa Barat terjadi kemacetan parah yang disebabkan tingginya volume kendaraann dari kedua arah.

Pengendara, terjebak antrean hingga dua jam di jalur Puncak-Cianjur, Jawa Barat, sehingga rekayasa arus hingga sistem satu arah dilakukan.

(BACA JUGA:Puncak Macet Parah, Pengemudi Terjebak dari Pagi Hingga Sore, Lebih Memilih Mematikan Mesin Kendaraan)

Dikutip dari Antara, hingga Senin, 16 Mei 2022 petang, antrean kendaraan terhenti dan memanjang seiring tutupnya tempat wisata di kawasan Puncak-Cipanas. 

Sehingga volume kendaraan di jalur utama Puncak terus meningkat menuju arah Bogor.

Puluhan petugas dan tim pengurai antrean diturunkan untuk mengantisipasi macet total di sepanjang jalur tersebut.

Bahkan, pengalihan arus ke jalur alternatif di sepanjang jalur Puncak-Cianjur, dilakukan untuk menekan antrean kendaraan yang mengular.

(BACA JUGA:Jalur Puncak Macet Parah, Antrean Kendaraan Mencapai 15 Km, Hingga di Depan Istana Cipanas)

Ekor antrian kendaraan yang mengarah ke Bogor, terus memanjang hingga ke Jalan Raya Cugenang-Cianjur atau sejauh 18 kilometer dari perbatasan Bogor-Cianjur.

Sehingga Polres Cianjur berkoordinasi dengan Polres Bogor untuk melakukan sistem satu arah sebagai upaya terakhir untuk mengurai antrean.

Kapolres Cianjur AKBP Doni Hermawan mengatakan, sejak dua hari volume kendaraan yang melintas di jalur utama Puncak-Cianjur, meningkat dengan jumlah per jam lebih dari 500 kendaraan roda empat dan 300 kendaraan roda dua mengarah ke Bogor.

Sedangkan sebaliknya dari arah Bogor menuju Cianjur, per jam kendaraan yang melintas mencapai 300 kendaraan roda empat dan 200 kendaraan roda dua dengan tujuan wisata ke sejumlah obyek wisata yang ada di Puncak-Cipanas dan bersilaturahmi.

(BACA JUGA:Talaga Saat Puncak Bogor Jadi Pilihan Wisatawan Habiskan Akhir Pekan Pemandangannya Bikin Adem)

"Kendaraan dengan tujuan Bogor didominasi pendatang yang pulang berwisata berbaur dengan sebagian kecil kendaraan pemudik yang terlambat kembali ke kota asalnya masing-masing seperti Jabodetabek. Upaya rekayasa arus sudah kita lakukan termasuk sistem satu arah untuk mencairkan antrean," katanya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: