Apa Boleh Minum Susu yang Kadaluwarsa tapi Masih Tersegel? Ini Kata Dokter

Apa Boleh Minum Susu yang Kadaluwarsa tapi Masih Tersegel? Ini Kata Dokter

Susu Kadaluwarsa, Ilustrasi oleh congerdesign dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Salah satu kebiasaan orang adalah menyetok barang yang mereka konsumsi, dan menyimpannya di kuklas, lemari atau kitchen set di rumah mereka.

Salah satunya adalah produk susu, mau itu susu bubuk, kaleng atau kotak. Akan tetapi, terkadang pula mereka lupa akan tanggal kadaluwarsanya.

Pertanyaannya, bolehkah Anda tetap meminum susu yang sudah lewat kadaluwarsanya, meski segel belum dibuka?

(BACA JUGA:Tidak Sengaja Menelan Semut yang Menempel pada Makanan, Apa Bahayanya?)

(BACA JUGA:Selain Diabetes, Mulut Kering Bisa Jadi Pertanda 4 Penyakit Serius Ini)

Well, untuk pertanyaan yang satu ini jawabannya adalah tidaklah dianjurkan, sebagaimana dijawab dr. Amadeo Drian Basfiansa.

"Meski produk tersebut masih tersegel, kami tidak menyarankan untuk mengonsumsinya melalui tanggal kadaluarsa yang telah tertera," kata dr. Amadeo seperti dikutip FIN dari Alodokter.

Terkait tanggal kadaluwarsa, lanjut dr. Amadeo, apa bila kemasannya sudah terbuka, maka umurnya pun tidak akan tahan sebagaimana yang tertera pada tanggal kadaluwarsa produk.

Oleh karena itu, menyimpan susu atau makanan dalam kemasan dengan segel terbuka, apalagi dalam jangka waktu lama, bukanlah sesuatu yang bijak untuk dilakukan.

"Karena dengan dibukanya kemasan, produk akan terkontaminasi oleh udara luar, perubahan suhu, aroma pekat, bakteri dan berbagai faktor lain," jelas dr. Amadeo.

Jadi, lanjut dia, tanggal kadaluwarsa yang tertera pada kemasan, hanya berlaku jika segel kemasan masih tertutup rapat.

"Setelah produk tersebut dibuka, baik itu berupa makanan, minuman atau obat, waktu kadaluarsanya akan relatif lebih cepat ketimbang yang telah tertulis pada kemasan," ungkapnya.

Hal ini lanjut dr. Amedeo, bisa dilihat pada susu kemasan kotak. Pada kemasan kata dia, terdapat keterangan tambahan, yang menganjurkan orang, untuk menghabiskan isi kemasan 3-4 hari, setelah segel dibuka.

Jadi, Anda yang baru saja kepikiran ingin menghabiskan susu kadaluwarsa yang Anda simpan itu, ada baiknya untuk tidak melakukannya, agar terhindar dari efek yang tidak diinginkan.

Sementara itu jika bicara obat, umumnya setelah kemasan di buka, usianya akan memendek, dan menyisakan satu bulan setelah terkontaminasi udara luar.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: