Info Arus Balik Lebaran, Ini Jam Rawan Macet di Tol Jakarta-Cikampek, Mulai Pukul...

Info Arus Balik Lebaran, Ini Jam Rawan Macet di Tol Jakarta-Cikampek, Mulai Pukul...

Arus balik libur natal, puluhan ribu kendaraan kembali masuk Jakarta, Selasa 26 Desember 2023-Foto : Dok/Ilustrasi/Istimewa-

JAKARTA, FIN.CO.ID - Polda Metro Jaya memetakan jam rawan kemacetan di sejumlah titik di Tol Jakarta-Cikampek saat arus balik Lebaran 2022. Pemudik yang kembali ke Jabodetabek dari kampung halaman diminta menghindari waktu rawan kemacetan tersebut.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengungkapkan, kepadatan kendaraan umumnya terjadi saat malam tepatnya pukul 24.00 WIB dan 01.00 WIB.

"Kalau berangkatnya sore atau malam, biasanya mereka itu sampai tadi malam misalnya peningkatan volume itu di pukul 24.00 WIB atau pukul 01.00 WIB ada di KM 28, jadi di antara yang mau masuk contraflow," kata Sambodo di Pospam Km 3+500 Tol Jakarta-Cikampek, Minggu, 8 Mei 2022.

(BACA JUGA:Arus Balik Lebaran, Kemenhub: Hingga H+4, 60 Persen Pengguna Kendaraan Belum Kembali)

"Kalau yang dia berangkat malam biasanya sampai sini subuh. Jadi anggota juga kita bagi agar pada saat jam puncak seperti itu masih ada anggota jaga di lapangan," sambungnya.

Ia melanjutkan, kepadatan kendaraan juga biasa terjadi saat menjelang sore. Pemudik yang berangkat ke Jakarta dapat menghindari waktu rawan macet seperti pukul 14.00 WIB dan 16.00 WIB.

"Kalau berangkat pagi, Subuh, pukul 06.00 WIB dari Semarang itu kira-kira sampe sini siang nah itu pukul 14.00 WIB dan pukul 16.00 WIB itu kemacetan peningkatan arus terasa," kata dia.

(BACA JUGA:Arus Balik Mudik Lebaran 2022, 1,2 Juta Kendaraan Belum Balik ke Jabotabek)

Sebelumnya, Polda Metro Jaya mengimbau pemudik menggunakan alternatif exit tol selain Gerbang Tol (GT) Halim Utama untuk kembali ke Jakarta dan sekitarnya usai mudik Lebaran.

Sebelumnya, Ditlantas Polda Metro Jaya telah menyiapkan empat alternatif exit tol yang bisa dilalui para pemudik.

"Ada empat, yakni via Tol Wiyoto Wiyono, Tol JORR Lingkar Timur (arah Cakung-Cilincing), Tol JORR Lingkar Timur (arah Pondok Indah), dan Tol Jagorawi," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo dalam keterangannya, Sabtu, 7 Mei 2022.

(BACA JUGA:Arus Balik Mudik Lebaran 2022, Polisi Buka Peluang Perpanjang One Way)

Secara terperinci, pemudik tujuan wilayah Cengkareng, Grogol, Petamburan, Kebon Jeruk, dan daerah lainnya di Jakarta Barat bisa keluar melalui Tol Wiyoto Wiyono.

Sedangkan tujuan Cempaka Putih, Johar Baru, Kemayoran, Senen, Tanah Abang, Kelapa Gading, Penjaringan, Tanjung Priok, Jatinegara, hingga Matraman bisa keluar melalui Exit Tol JORR Lingkar Timur (Cakung-Cilincing).

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizky Agustian

Tentang Penulis

Sumber: