Pencanangan Zona Integritas di PLBN Wilayah Kalimantan Barat

Pencanangan Zona Integritas di PLBN Wilayah Kalimantan Barat

Sekretaris BNPP Restuady Daud saat meninjau persiapan pembukaan PLBN Badau di Kalimantan Barat. Dok: Tangkapan layar Youtube BNPP-Istimewa-

JAKARTA, FIN.CO.ID - Menyambut rencana pembukaan perbatasan Indonesia - Malaysia Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) melakukan kunjungan ke Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Badau di Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat pada 11-15 April 2022. 

Sekretaris BNPP Restuady Daud berkesempatan mengecek sarana dan prasarana, mulai dari zona Inti PLBN, pasar wisata, ruang ibadah, ruang serbaguna serta pojok baca digital yang dapat digunakan pelintas batas saat perbatasan dibuka. 

(BACA JUGA:BNPP Kirim Tim Advance Untuk Persiapan Kegiatan Gerbangdutas 2022 di Miangas Kepulauan Talaud)

Layanan publik di PLBN turut menjadi perhatian untuk ditingkatkan kualitasnya. Tiga PLBN di wilayah Kalimantan Barat yaitu PLBN Aruk, PLBN Badau dan PLBN Entikong telah menandatangani maklumat dan pakta integritas untuk membangun zona integritas menuju wilayah bebas korupsi (WBK( dan wilayah bersih birokrasi melayani (WBBM). 

"Terima kasih, pada hari ini kami mengunjungi PLBN Badau Kapuas Hulu untuk mengecek kondisi PLBN pada saat ini, sekaligus juga untuk meninjau kesiapan PLBN untuk kesiapan membuka sesudah dinyatakan akan dibuka oleh pemerintah terkait dengan perkembangan masa pandemi yang ada saat ini," demikian disampaikan Restuady, sebagaimana dilihat Fin.co.id dari BNPP TV di YouTube, Minggu 8 Mei 2022. 

Restuady juga mengatakan, dalam kegiatan pengecekan tersebut pihaknya bersama dengan Kabid PLBN Entikong dan Kabid PLBN Aruk untuk melakukan penandatangan pakta zona integritas di PLBN. 

"Dari koordinasi hari ini, seluruh PLBN yang ada di Kalimantan baik PLBN Aruk, PLBN Entikong dan PLBN Badau menyatakan bahwa sarana prasarana dan kesiapan pelayanan ini sudah siap manakala pintu perlintasan nanti akan dibuka perlintasan dari negara tetangga," ungkapnya.

(BACA JUGA:Cantiknya Tangmo Nida, Artis Thailand yang Bikin Mata Kaum Adam 'Terbelalak')

"Yang kedua dalam kesempatan ini kami juga bersama-sama dengan para Kabid PLBN telah memulai pencanangan untuk zona integritas di PLBN. Jadi pada hari ini masing-masing Kabid dari PLBN, baik Aruk, Entikong maupun Badau telah menandatangani pakta integritas untuk persiapan pencanangan zona integritas menuju WBK dan WBBM untuk PLBN di Kalimantan," tegas Restuady. 

Restuady memastikan bahwa BNPP bersama dengan seluruh jajaran di PLBN siap untuk melaksanakan dan menyelenggarakan pelayanan yang berbasis pelayanan publik yang lebih baik dan bebas korupsi. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: