Ancol Diserbu Pengunjung, Petugas Bersih-bersih Sampah 90 Meter Kubik

Ancol Diserbu Pengunjung, Petugas Bersih-bersih Sampah 90 Meter Kubik

Ilustrasi sampah.-Pexels-Pixabay

JAKARTA, FIN.CO.ID - Ratusan petugas Taman Impian Jaya Ancol melakukan aksi bersih-bersih setiap harinya di kawasan wisata Pademangan, Jakarta Utara tersebut.

Komunikasi Korporat Taman Impian Jaya Ancol Ariyadi Eko Nugroho mengatakan sampah yang terkumpul dari keseluruhan area wisata tersebut mencapai 90 meter kubik per hari.

(BACA JUGA:Hepatitis Misterius Akut Landa Indonesia, Pemprov DKI Harus Sigap)

"Tenaga kebersihan itu total 120 orang. Kalau data sampah itu dalam pekan libur Lebaran ini ada di sekitar 90 m3 per hari," kata Eko saat dikonfirmasi, Sabtu, 7 Mei 2022.

Ia menambahkan, sebelum pekan Lebaran ini, sampah yang diperoleh lebih sedikit karena aktivitas di area wisata juga tidak sepadat ketika adanya puncak masa liburan.

Eko mengatakan pihaknya juga mengimbau agar wisatawan dapat memilah sendiri sampah-sampahnya sebelum dibuang ke tempat sampah.

(BACA JUGA:Ucap Selamat Ulang Tahun, Pendeta Gilbert Yakin Anies Baswedan adalah Berkah Buat Indonesia)

Hal itu untuk  memudahkan pengelolaan sampah oleh petugas dan menjaga lingkungan wisata tersebut tetap bersih dan sehat.

Berdasarkan klasifikasinya, ada dua jenis sampah yakni sampah organik (daun, ranting dan dahan) dan sampah anorganik (plastik).

"Tong sampah sudah kami sebar di seluruh area dengan pemisahan antara sampah organik dan anorganik. Kami berharap wisatawan juga mau bersama-sama memilah sampahnya sebelum dibuang," kata Eko.

(BACA JUGA:Asyik, Transjakarta Perpanjang Layanan Bus Wisata Gratis, Cek Rutenya)

Selain itu, Eko juga mengimbau pengunjung agar tidak membuang sampah sembarangan karena dapat mencemari lingkungan dan berdampak kepada biota laut.

"Kami imbau wisatawan juga taat dan sadar agar jangan membuang sampah sembarangan,'' kata dia.

Berdasarkan informasi pada situs resmi Ancol, disebutkan bahwa untuk membuat kawasan pantai Ancol menjadi bersih dan nyaman, Ancol mengalokasikan biaya sekitar Rp40 miliar per tahun.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizky Agustian

Tentang Penulis

Sumber: