Liverpool Tembus Final Liga Champions Eropa, Luis Diaz Disebut Punya Kontribusi Besar

Liverpool Tembus Final Liga Champions Eropa, Luis Diaz Disebut Punya Kontribusi Besar

Luis Diaz. Dok: Twitter @LFC-Istimewa-

JAKARTA, FIN.CO.ID - Liverpool berhasil menembus babak final pada gelaran Liga Champions Eropa musim 2021/2022 dan siap bertemu penantang Real Madrid di partai pemuncak tersebut pada 29 Mei 2022 di Paris. 

Penyerang anyar The Reds Luis Diaz disebut memiliki peran penting dalam menghantarkan klub asal Merseyside itu untuk berpeluang meraih trophy Liga Champions Eropa ketujuh mereka, jika berhasil menaklukkan Los Blancos di partai pamungkas tersebut. 

(BACA JUGA:Liverpool vs Real Madrid di Final Liga Champions, Saatnya The Reds 'Balas Dendam')

Lalu, apa saja kelebihan yang dimiliki penyerang Liverpool asal Kolombia tersebut? 

Mengutip data FBref, diketahui Luis Diaz memang memiliki statistik yang mentereng. Hal inilah yang kemudian dipercaya bahwa kontribusi sang pemain dalam membawa The Reds berpeluang meraih Quadpel (empat gelar juara) ini musim ini. 

Pembahasan dimulai dari kemampuan drible Luis Duaz yang disebut berada di atas rata-rata pemain Liverpool lainnya. 

Diaz merupakan salah satu dribbler terbaik di Liga Inggris. Ia mencatatkan rata-rata dribel 2,5 dengan rasio keberhasilan 62 persen, maka hal itu menempatkan dirinya berada di atas SonnHeung-Min, Mohamed Salah, bahkan dari Cristiano Ronaldo sekalipun. 

(BACA JUGA:Inspiratif, Kisah Sadio Mane, Penyerang Andalan Liverpool From Zero To Hero)

Selain memiliki kemampuan dribel yang luar biasa, Luis Diaz juga merupakan tipe pemain sayap yang sering melepaskan tembakan ke gawang. 

Hal ini bisa dibuktikan dengan statistik bahwa Diaz rata-rata mencatatkan tembakan ke gawang sebanyak 1,5 per 90 menit. Ia hanya kalah dari Mohamed Salah dari sisi itu. 

Diaz sendiri sejauh ini sudah berkontribusi terhadap 5 gol Liverpool. Namun demikian, pemain yang didatangkan pada Januari 2022 ini masih kalah dari Roberto Firmino yang dengan durasi sama berkontribusi terhadap 8 gol Liverpool. 

Kembali lagi ke persoalan dribel. Luis Diaz tercatat menempati peringkat persentil ke-91 untuk dribel sukses, persentil ke-94 untuk membawa bola ke kotak penalti dan persentik ke-96 dalam menerima umpan progresif.

(BACA JUGA:Villarreal vs Liverpool 2-3, The Reds Comeback Dan Melaju Ke Final Liga Champions) 

Berdasarkan catatan Fbref, Luis Diaz juga memiliki kemampuan bertahan yang baik. Ia menempati persentil ke-89 untuk urusan tekel di 1/3 lapangan. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: