Ini 5 Keutamaan Puasa Sunnah Syawal, Nomor 3 Bikin Semangat...

Ini 5 Keutamaan Puasa Sunnah Syawal, Nomor 3 Bikin Semangat...

Ilustrasi - puasa Ramadan-Pixabay-

JAKARTA, FIN.CO.ID- Setelah puasa penuh di bulan suci Ramadan, ummat islam juga bisa melanjutkan dengan puasa sebanyak 6 hari di bulan Syawal atau puasa sunnah Syawal. 

Puasa ini dimulai sejak 2 Syawal atau tepat selang sehari setelah Hari Raya Idul Fitri.

Rasulullah saw telah bersabda tentang keutamaan puasa Syawal ini. Begini bunyi haditsnya yang diriwayatkan oleh Imam Muslim:  

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ وَأَتْبَعَهُ سِتَّاً مِنْ شَوَّالٍ، كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ 

Artinya, “Barang siapa berpuasa Ramadhan kemudian dilanjutkan dengan enam hari dari Syawal, maka seperti pahala berpuasa setahun.” (HR Muslim). 

(BACA JUGA:Puasa Ramadan Malah Bikin Badan Gemuk? Ini yang Salah)

Berikut adalah lima keutamaan puasa sunnah Syawal sebagaimana dikutip dari NU Online dalam tulisan berjudul Lima Keutamaan Puasa Sunnah Syawal.

1. Penyempurna Puasa Ramadhan 

Salah satu manfaat ibadah sunnah adalah sebagai penyempurna ibadah fardhu. Sebagaimana shalat sunnah rawatib (qabliyah dan ba’diyah) yang bisa menjadi penyempurna bagi shalat fardhu. Demikian juga puasa sunnah Syawal bisa menjadi penyempurna puasa Ramadhan. 

2. Pahala Puasa Satu Tahun 

Dalam Al-Qur’an surat Al-An’am ayat 160 dijelaskan bahwa setiap satu amal ibadah akan dibalas pahala sepuluh kali lipatnya. Mengacu pada penjelasan ini, jika dikalkulasikan maka satu bulan puasa Ramadhan dikali 10 sama dengan 10 bulan, kemudian 6 hari puasa Syawal dikali 10 sama dengan 2 bulan. Jadi 10 bulan ditambah 2 bulan sama dengan 12 bulan atau satu tahun. 

(BACA JUGA:Warga Hualoy-Tomalehu Maluku Khatam Alquran 36 Kali di Malam 27 Ramadan)

3. Tanda Diterimanya Puasa Ramadhan 

Salah satu ciri-ciri diterimanya amal ibadah adalah konsistensi melakukan ibadah yang lain setelah ibadah pertama selesai. Begitupun dalam puasa Ramadhan. Salah satu ciri-ciri diterimanya puasa Ramadhan adalah seseorang melakukan puasa sunnah Syawal setelahnya. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: