H+2 Lebaran, Polres Bogor Berlakukan One Way di Puncak, Catat Jadwalnya

H+2 Lebaran, Polres Bogor Berlakukan One Way di Puncak, Catat Jadwalnya

Korlantas Polri mulai melakukan persiapan untuk mengantisipasi kemacetan saat libur Natal dan Tahun Baru. -ilustrasi-PMJ news

JAKARTA, FIN.CO.ID - Kepolisian Resor (Polres) Bogor, Jawa Barat, memberlakukan arus lalu lintas satu arah (one way) untuk mengurai kepadatan kendaraan wisatawan dari Simpang Gadog, Jalan Megamendung-Ciawi, menuju Jalur Puncak, Kabupaten Bogor, pada H+2 Lebaran 2022 atau Rabu.

Kasatlantas Polres Bogor AKP Dicky Anggi Pranata mengatakan, "one way" mulai diberlakukan pukul 07.30 WIB hingga arus lalu lintas yang padat dari arah Jakarta ke Puncak (arus bawah ke atas) kembali normal.

Dicky saat ditemui di Pos Polisi Simpang Gadog, Bogor, Rabu 4 Mei 2022, belum dapat memastikan lama penerapan "one way". Namun ia berharap titik simpul kemacetan dapat terurai tidak terlalu lama.

(BACA JUGA:Simak! Ini Lima Jalur Alternatif Bagi Wisawatan Hindari Kemacetan Menuju Puncak Bogor)

Saat ini, arus kendaraan dari Jakarta Raya menuju puncak diperkirakan berkisar pada angka 3 ribu kendaraan.

Menurut Dicky, jalur penghubung Kabupaten Bogor dengan Kabupaten Cianjur itu tak banyak digunakan sebagai jalur mudik, melainkan sebagai jalur wisata libur Lebaran 2022.

"Di Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi) belum ada kepadatan, sementara masih aman. Terpantau yang arah ke Pelabuhan Ratu juga merupakan orang lokal. Artinya kiriman dari arah Jakarta Raya tidak terlalu besar," kata Dicky.

(BACA JUGA:Korlantas Polri Prediksi Hari Kedua Lebaran 2022 Padati Puncak Bogor )

Namun, titik yang diprediksi bakal mengalami kepadatan justru di tempat wisata. Karena itu pihaknya sudah menyiapkan sejumlah jalur alternatif yang dapat dimanfaatkan masyarakat yang akan berwisata.

Contohnya ke Taman Safari Indonesia, bisa diambil jalur dari Lembah Nyiur atau dari Pasir Muncang.

"Jadi memang dalam kondisi yang nantinya titik kepadatan, kami juga sudah menyiapkan jalur-jalur alternatif yang dapat dimanfaatkan masyarakat," kata Dicky.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizky Agustian

Tentang Penulis

Sumber: