Simak! Ini Lima Jalur Alternatif Bagi Wisawatan Hindari Kemacetan Menuju Puncak Bogor

Simak! Ini Lima Jalur Alternatif Bagi Wisawatan Hindari Kemacetan Menuju Puncak Bogor

Korlantas Polri Siapkan Jalu Alternatif Bogor Puncak--Antara

BOGOR, FIN.CO.ID- Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, menyiapkan lima jalur alternatif menuju Puncak, Kabupaten Bogor. Dalam menghadapi libur hari lebaran 2022.

Kasatlantas Polres Bogor, AKP Dicky Anggi mengatakan Skema lima Jalur altenatif untuk mengantisipasi peningkatan volume kendaraan disaat libur lebaran 1443.

"Jalur Puncak merupakan destinasi wisata, sehingga peningkatan arus volume terjadi di H+1 lebaran," ucap AKP Dicky sebagaimana dikutip FIN di Antara pada Selasa, 3 Mei 2022.

Berikut lima jalur alternatif menuju Puncak Bogor.

Pertama, Tol Sentul Selatan-Babakan Madang-Pasir Angin dengan rute araha Jakarta menuju Puncak, keluar di Simpang Pasir Angin. Jalu tersebut memiliki panjang sekitar 20 Kilometer dan lebar jalan enam meter.

Kedua, Cileungsi-Jonggol-Cariu dengan rute Jakarta-Cianjur-Bandung. Jalur tersebut memilliki panjang 55 kilometer dengan lebar jalan sekitar delapan meter.

Ketiga, Cilember-Jogjogan-Ciburial. Jalur tersebut merupakan alternatif mudik dan wisata Puncak dengan panjang jalan sekitar delapan kilometer dan lebar ekitar lima meter.

Keempat, Jatiwangi-Bendungan-Ciawi, rute alternatif balik jalur puncak dengan panjang sekitar 13 kilometer dan lebar enam meter.

Kelima, Cigombong-Caringin-Cipaku Kota Bogor, dengan rute dari Sukabumi menuju Cipaku kota Bogor. Jalur ini memiliki panjang sekitar 14,7 Kiloeter dan lebar jalan sekitar delapan meter.

Polres Bogor AKP, Dicky Anggi Pranata memprediksi peningkatan arus lalu lintas di jalur Puncak, Kabupaten Bogor Jawa Barat

Dicky meneruskan, jalur penghubung kabupaten Bogor dengan kabupaten Cianjur itu tak banyak digunakan sebagai jalur mudik melainkan jalur wisata libur Lebaran 2022.

"Saat ini ada kebijakan dari pemerintah terkait 'one way' di Jalur Cikampek menuju Jawa pasti menyebabkan imbas ke sini. Maka kami tetap menyiagakan personel untuk bersiaga," jelas Dicky.

Selama Operasi Ketupat yang dilaksanakan untuk mengamankan selama arus mudik, arus balik, dan libur Lebaran 2022, Polres Bogor bersama instansi terkait menurunkan 2.000 personel untuk bersiaga di seluruh kawasan Bogor.

Terpisah, KBO Satlantas Polres Bogor Iptu Ketut Laswarjana menerangkan, pihaknya tidak memberlakukan rekayasa lalu lintas, baik sistem satu arah maupun sistem ganjil genap di Jalur Puncak pada hari pertama Lebaran 2022.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Ari Nur Cahyo

Tentang Penulis

Sumber: