Update Kebakaran di Dermaga Wijayapura Cilacap, Pemadaman Masih Dilakukan

Update Kebakaran di Dermaga Wijayapura Cilacap, Pemadaman Masih Dilakukan

Kebakaran hebat terjadi di Dermaga Batere, Cilacap menghanguskan sejumlah kapal Nelayan. --

JAKARTA, FIN.CO.ID - Ditjen Perhubungan Laut melalui Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Cilacap mengkonfirmasi terjadinya kebakaran pada dermaga Wijayapura di kawasan Nusakambangan Cilacap, Jawa Tengah. 

Kepala KSOP Kelas III Cilacap, Capt Purgana mengatakan, kejadian kebakaran kapal nelayan terjadi di pelabuhan Cilacap, dermaga Wijayapura, dermaga kepanduan dan beaching area pada hari Selasa 3 Mei 2022.

(BACA JUGA: Kebakaran Hebat di Dermaga Betere Cilacap, Terjadi Saat Puluhan Kapal Nelayan Bersandar )

"Kebakaran terjadi di dermaga Wijayapura sekitar pukul 14:30 LT dan dengan cepat merambat ke kapal nelayan yang lain dan ada kapal yang terbakar putus tali dan membakar kapal yang ada di kepanduan dan di beaching area," ungkap Capt Purgana kepada awak media, saat dikonfirmasi Selasa 3 Mei 2022. 

Capt Purgana mengatakan, proses pemadaman dilakukan dari dua sisi, yaitu darat dan laut. 

"Untuk saat ini masih dilakukan pemadaman melalui sisi darat dan laut, sisi darat oleh mobil pemadam kebakaran Kabupaten Cilacap dan dari sisi laut oleh pihak Pelindo dengan kapal TB Bima, TB 243 dan TB jaya negara 308 dan juga  TB Transko Murai," ungkapnya. 

Hingga pukul 20.30 WIB, dikabarkan proses pemadaman belum tuntas, namun di beberapa titik aspi sudah berhasil dikendalikan. 

(BACA JUGA:Viral Video Mesra Arya Saloka dan Amanda Manopo, Roy Suryo: Itu Beneran, Natural, Teman Tapi Mesra)

Belum ada kabar mengenai korban jiwa maupun nilai kerugian dari kejadian tersebut. Namun demikian, Tim Sar masih terus bekerja untuk melakukan pemadaman dan melakukan tindakan yang diperlukan.

"Hingga pukul 20.30 WIB KSOP Cilacap dan tim SAR serta instansi terkait lainnya terus melakukan pemadaman dan melakukan isolasi terhadap meluasnya api. Laporan sementara api masih terlihat di sekitar beaching dan kepanduan, namun di beberapa titik sudah mulai padam," pungkas Capt Purgana. 

Diberitakan sebelumnya, Kepala Balai Pemasyarakatan Nusakambangan Johan A Sadewa mengatakan, berdasarkan informasi yang beredar melalui grup WhatsApp pegawai Lapas se-Nusakambangan, kebakaran tersebut pertama kali terjadi pada sekitar pukul 17.00 WIB.

"Saya belum menerima informasi akurat-nya karena kebetulan sedang tidak berada di Nusakambangan," katanya.

(BACA JUGA:Chandrika Chika Ucapkan Selamat Idul Fitri Pakai Baju Kaftan, Komentar Netizen Malah Ambyar)

Salah seorang pegawai Lembaga Pemasyarakatan Karanganyar, Nusakambangan, Deri mengatakan berdasarkan informasi dari pegawai yang bertugas di Pos Dermaga Wijayapura, kobaran api saat sekarang sudah sampai di depan tempat penyeberangan khusus menuju Lapas Nusakambangan itu.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: